oleh

MTsN 3 Pamekasan Siap Jadi Madrasah Digital

MediaJatim.com, Pamekasan – Kecanggihan teknologi yang terus berkembang dan saat ini dikenal serba digital tidak membuat pengelola MTsN 3 Pamekasan kehabisan ide dan terus berpikir adaptif. Hal ini dibuktikan dengan sosialisasi program madrasah digital sebagai upaya menghadapi era disrupsi yang dikenal dengan Era 4.0 kepada wali murid, Senin sampai Selasa (20-21/1/2020) di Aula lembaga tersebut.

Kesiapan itu sebagaimana disampaikan Ahmad Subairi, salah guru di lembaga tersebut pada dinding Fesbuknya, Selasa (21/1/2020) tepat hari kedua sosialisasi itu dilakukan.

“Menghadapi era disrupsi ini, MTsN 3 Pamekasan menggelar sosialisasi kepada seluruh wali murid dengan tema ‘Sosialisasi Pengembangan Menuju Madrasah Digital dan Pelaksanaan Ujian-ujian Tahun Pelajaran 2019/2020 bertempat di Aula MTsN 3 Pamekasan yang berlangsung selama dua hari dimulai dari hari Senin-Selasa, 20-21 Januari 2020,” tulisnya

Menurutnya, derasnya arus globalisasi dan modernisasi tak terbendung lagi. Berbagai media informasi dan teknologi tersaji dan dikonsumsi setiap hari. Kenyataan ini tidak bisa dimungkiri dan harus dihadapi dengan prinsip ‘ambil manfaatnya buang mudharatnya’.

Baca Juga:  NY Beri Tali Asih Rosiya, Janda Malang di Ledokombo

Ia menambahkan, program menuju madrasah digital adalah sebuah inovasi baru dalam dunia pendidikan yang akan menggantikan sistem lama menuju dunia baru berbasis teknologi.

Inovasi pendidikan berbasis digital ini, lanjutnya, diharapkan berjalan dengan lancar demi sebuah kemajuan seiring dengan dukungan dari semua pihak utamanya wali murid.

Taufiqurrahman, guru lainnya membeberkan, acara ini dibagi tiga sesi, mengingat jumlah wali murid begitu banyak. “Acara yang direncanakan selama dua hari itu harus digelar dalam tiga sesi karena MTsN 3 Pamekasan memiliki lebih dari seribu peserta didik,” tuturnya. (21/1/2020).

Ia mengaku, lembaga metamorfosa dari MTsN Sumber Bungur ini seolah tidak pernah lelah dan selalu ergembira menyambut tantangan kemajuan, termasuk era disrupsi.

Ia berharap, upaya ini menjadi saksi sekaligus peraga hukum gerakan. Sebagaimana kata bijak ‘bergeraklah senantiasa maka kesenantiasaan itu pada suatu hari akan membentuk pola. Pola itulah yang disebut sukses’.

Baca Juga:  Kader GP Ansor Tak Pernah Bermasalah dengan Negara

Mohammad Holis, Kepala Madrasah di lembaga tersebut menuturkan, Revolusi Industri 4.0 sudah harus disambut dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berfokus pada guru, peserta didik dan tenaga kependidikan yang ada.

“Era 4.0 perlu disambut dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berfokus pada guru, peserta didik dan tenaga kependidikan yang ada. Upaya ini adalah salah satu cara mempersiapkan diri. Yang pertama adalah digitalisasi madrasah menuju pembelajaran yang efektif dan berkualitas,” ujarnya kepada mediajatim.com, Selasa (22/1/2020).

Sehingga, tegasnya, Smartphone-smartTV dan media smart yang lain akan menjadi fasilitas yang harus dipenuhi madrasah dalam rangka menuju madrasah digital.

“Dengan upaya ini, yakni digitalisasi media dan sumber belajar diharapkan membantu perbaikan dalam setiap prosesnya. Sehingga dapat menciptakan SDM yang semakin kompeten,” pungkas alumnus IAIN Sunan Ampel Cabang Pamekasan yang kini bermetamorfosa menjadi IAIN Madura tersebut.

Reporter: Gafur

Redaktur: Sulaiman

Komentar

1 komentar

Comments are closed.