Peduli Lingkungan, Mahasiswa UMM Kerja Bakti Bersama Warga

Media Jatim

MediaJatim.com, Malang – Guna menjaga kebersihan lingkungan dari segala wabah penyakit, serta terciptanya kondisi yang ramah lingkungan, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Malang, bersinergi dengan warga setempat menggelar kegiatan Kerja Bakti, Selasa (21/1).

Kegiatan yang berlangsung di Dusun Boro ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mempererat hubungan antar masyarakat serta menjadikan kegiatan semacam ini sebagai jalan keluar dari masalah lingkungan yang kurang baik.

Berangkat dari hal itu, mahasiswa KKN UMM yang dibimbing oleh Bambang Yudi Ariadi ini bersama warga setempat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya membersihkan jalanan dari bebatuan kecil, membersihkan saluran air agar tercipta drainase yang baik dan terhindar dari genangan air yang menyebabkan awal dari siklus nyamuk malaria dan melakukan penyemprotan obat rumput di sepanjang jalan agar terhindar dari tumbuhnya liar.

Baca Juga:  Perempuan 36 Tahun Tewas Usai Ditabrak Truk

“Melihat kondisi dusun yang sebenarnya memiliki potensi keindahan lebih, membuat saya dan teman teman KKN memiliki semangat yang tinggi untuk mengajak masyarakat dusun melakukan kegiatan kerja bakti ini,” kata Koordinator Desa KKN 01 UMM 2020, Arnan Kasogi.

Antusias warga sangat tinggi untuk memperindah lingkungan sekitar. Karena, pada dasarnya masyarakat memiliki pola pikir bahwa dengan lingkungan yang bersih hidup jadi sehat. Maka dari itu, kegiatan ini dapat terus berjalan rutin dalam upaya mejaga kebersihan dan melestrasikan lingkungan.

“Kalau sudah masuk musim hujan biasanya di dusun bagian bawah sering banjir, bahkan sering juga ada ular lewat di jalanan. Semoga kegiatan ini berjalan rutin dan masyarakat semakin sadar terhadap kebersihan,” tutur salah satu warga, Sulistiawati.

Baca Juga:  KKN UMM: Sumakul Produktif dan Kreatif di Era 4.0

Ia juga mewakili masyarakat setempat mengucapkan terima kasih terhadap upaya mahasiswa UMM mewujudkan kegiatan peduli lingkungan tersebut.

“Terima kasih telah mewujudkan kegiatan yang dapat menjaga kebersihan lingkungan, karena selama ini kurangnya kesadaran warga mengenai kondisi ramah lingkungan. Kegiatan kerja bakti ini sangat membantu,” pungkasnya.

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Zul