BAZNAS Jember Lepas Tim Riset untuk Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Binaan SDGs

  • Bagikan

MediaJatim.com, Jember – Kamis, 23 Januari 2020 BAZNAS Jember melaksanakan pelepasan tim riset untuk pemberdayaan Masyarakat di Desa Sukorejo Bangsalsari Jember. Tim riset Kolaborasi yang diturunkan dan diterjunkan oleh BAZNAS Jember ini, terdiri dari pengurus BAZNAS, JRDC dan Mahasiswi PPL dari Universitas Ibrahimy Situbondo.

“Riset yang dilakukan oleh TIM ini sebagai rangkaian dari proses pemberdayaan yang direncanakan oleh BAZNAS Jember di beberapa kampung SDGs Binaan BAZNAS,” kata Ketua BAZNAS Jember, KH. M. Misbahus Salam, M.Pd.I, Jum’at (24/01/2020) didampingi Arif Direktur Jember Riset Development Centre (JRDC).

Baca Juga:  Resmi Dilantik, Syafiuddin: Ansor Harus Jadi Bagian Nyata dalam Ikhtiar Pamekasan Hebat

Kata pria yang biasa disapa Kiai Misbahus ini, sebelum turun lapangan untuk melakukan Riset, Tim terlebih dahulu melakukan penyusunan Base line Survey sebagai instrumen ilmiah yang terukur. Proses ini katanya, harus dilakukan guna memastikan bahwa program yang akan direalisasikan benar-benar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara berkelanjutan.

“Hal ini selaras dengan tujuan BAZNAS, yaitu menjadikan Masyarakat Miskin sebagai Donatur (Muzakki),” ujar Kyai Misbahus.

Menurutnya, program pemberdayaan ini akan dilakukan oleh BAZNAS Jember bersama dengan JRDC selama 1 tahun penuh. Dengan lima Tahap: pertama, Penyusunan Base line Surviey; kedua, Riset Lapangan dan analisis Data; ketiga, Rekomendasi Program; keempat, Realisasi dan Pendampingan; dan kelima, Evaluasi dan Replikasi.

Baca Juga:  Kampanye Terbuka Terakhir, Ini Pesan Michael

“Dengan seluruh proses ini, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat memberikan dorongan positif bagi suksesi program-program yang telah direncanakan oleh BAZNAS Jember,” pungkas Direktur Darus Salam Center (DSC) ini.

Reporter: Ade Nurwahyudi

Redaktur: Zul

  • Bagikan
WhatsApp chat