Kadin Paradigma Baru Sidoarjo Gelar UMKM Award 2020

  • Bagikan
UMKM Award 2020: Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin Tinjau Stan Pameran, (Foto: Syaiful Bahri/MJ).

MediaJatim.com, Sidoarjo – Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Paradigma Baru Kabupaten Sidoarjo menggelar UMKM Award 2020 di Parkir Barat Transmart Sidoarjo, Sabtu (25/01/2020).

Acara yang akan berlangsung dari 25 Januari sampai 1 Februari 2020 ini dibuka langsung oleh Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin, yang diikuti 85 Peserta UMKM se-Sidoarjo. Dalam kegiatan ini bazar sembako murah, pesta durian, serta juga santunan anak yatim.

“UMKM Award merupakan media memotivasi pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo, agar semakin mandiri dalam mengembangkan usahanya,” Kata Gubernur Jawa Timur yang diwakili Dr. Maspurnomo Hadi selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur.

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan pertumbuhan UMKM di Jatim 9,7 Juta Pelaku, meliputi 95% di Usaha mikro berada dikabupaten/kota, 3% usaha kecil, 1,8% usaha menengah, 0,2% usaha bersama.

Baca Juga:  Tergabung di Grup Neraka, Pelatih Madura United Enggan Komentar

Ia juga mendorong para stakeholder memberikan pembinaan, khususnya usaha mikro untuk menjadi usaha kecil di Jawa Timur.

“Saya berharap dalam setiap pameran umkm, ada edukasi pembekalan mengenai BPOM, sertifikasi halal produk dan kemasan, serta juga SDM dari pelaku usaha yang juga wajib ditingkatkan, apalagi sekarang era Industri 4.0,” tegas Hadi.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengapresiasi atas terselenggaranya UMKM Award ini, dalam rangka mendorong pelaku UMKM sejahtera. Ia juga berharap acara UMKM Award ini dapat mendorong daya saing usaha kecil dan menengah bisa menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat.

“Saya berharap UMKM Sidoarjo dapat bersaing di pasaran, baik lokal, nasional maupun internasional,” tegas Cak Nur.

Baca Juga:  6 Warga Banyuwangi Diduga Tewas Akibat Miras

Politisi Asal Waru itu mengingatkan bahwa produk lokal itu harus mendapatkan dampingan dari Pemerintah dan Kadin Paradigma Baru Sidoarjo. Sehingga produk yang dihasilkan tetap berkualitas.

“Mudah-mudahan kadin Paradigma baru Sidoarjo dapat bermanfaat dan memberikan kesejahteraan bagi pelaku UMKM Sidoarjo yang dapat bersaing di dalam era globalisasi,” harapnya.

Dalam acara UMKM Award ini, turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim, Ketua Kadin Paradigma Baru Provinsi Jawa Timur, Ketua Apindo Sidoarjo Sukiyanto dan pejabat lainnya.

Di akhir acara, dilaksanakan pemberian santunan anak yatim se-kabupaten Sidoarjo, dilanjutkan mengunjungi stand sembako murah UMKM Sidoarjo, serta makan durian bersama.

Reporter: Syaiful Bahri

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat