Diguyur Hujan Lebih 1 Jam, Pohon Tumbang Lumpuhkan Jalur Utama Pacitan-Solo

MediaJatim.com, Pacitan – Hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai angin, yang mengguyur sejumlah wilayah di Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, mengakibatkan pohon tumbang hingga menutup badan jalan utama Pacitan – Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Ngudal, Desa Ngaderijan.

Menurut keterangan dari Babinsa Koramil 0801/12 Pringkuku, Serda Damahuri, kejadian itu bermula sekitar pukul 15.00 WIB di wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang disertai angin. Beberapa saat kemudian, pohon jenis trembesi berukuran besar yang berada tepat di pinggir jalan tersebut tumbang.

Baca Juga:  Ponpes Al Fattah Kikil, Resmi Jadi Pondok Pesantren Tangguh Semeru di Pacitan

“Tumbangnya pohon trembesi itu sekitar pukul 17.00 WIB,” ujarnya, melalui keterangan tertulis yang diterima mediajatim.com, Senin (27/01/2020) malam.

Menurutnya, pohon tumbang tersebut karena hujan yang lebat dan waktu yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan tanah menjadi lembek dan tidak kuat menahan beban dari pohon itu sendiri. “Tumbangnya pohon tersebut melintang di tengah jalan, hingga mengakibatkan kendaraan yang akan melintasi jalan utama menuju kota Pacitan ke arah Jateng dan sebaliknya tertutup total,” terang Damahuri.

Kemudian, setelah pihaknya mendapat laporan dari warga setempat, selanjutnya bersama Babinkamtibmas Ngadirejan mendatangi lokasi, dan bersama-sama masyarakat setempat langsung melakukan pemotongan pohon dan ranting dengan senso serta mengatur lalu lintas.

Baca Juga:  Kambing di Pacitan Mati Misterius, Ini Dugaan Sementara

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Sekitar pukul 17.40 WIB pohon sudah berhasil disingkirkan dan arus lalu lintas kembali normal,” terangnya, sembari mengimbau kepada warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap pohon yang berada di dekat rumah. Mengingat saat ini Pacitan baru memasuki musim penghujan.

Reporter: Sigit

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat