oleh

Pasang Biopori di Wisata Watu Rumpuk, KKN UMM Pastikan Lingkungan Steril

MediaJatim.com, Madiun – Dalam upaya mensterilkan dari genangan air, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 37 Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Madiun, Jawa Timur, menggelar pemasangan biopori di wisata Watu Rumpuk, Senin (27/1/2020). Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya resap air pada tahah.

Program kerja biopori tersebut diketahui menggunakan alat-alat sederhana, yakni paralon berukuran 40 cm dengan diameter 4 dim. Sebanyak 20 titik biopori terpasang dengan kedalaman 45-50 cm.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Desa Mendak (Nur Cholifah), Tim Pembimbing Lapang (R. Afri Handoko), Pengelola destinasi wisata Watu Rumpuk (Sulkhan), serta berbagai pihak keamanan Kecamatan Dagangan.

Baca Juga:  Mahasiswa UMM Ajak Siswa SD Jaga Kebersihan Sejak Dini

Nur Cholifah, selaku Kepala Desa Mendak dalam sambutannya meyampaikan apresiasi atas anisiatif tersebut. Dengan digelarnya kegiatan itu, ungkapnya, menjadi bukti bahwa mahasiswa KKN UMM kelompok 37 tidak hanya melaksanakan tugas formal belaka, tetapi juga tulus mencintai alam sekitar.

‚ÄúTerimakasih atas terlaksananya program luar biasa ini. Semoga membawa berkah untuk kita semua. Tentu ini menjadi motivasi bagi pemerintah desa Mendak. Kami akan melanjutkan program mulia ini. Melalukan follow-up sebagaimana semangat temen-temen mahasiswa UMM,” tegas Kades Cholifah dengan nada optimis.

Selain itu, Romo, sapaan akrabnya, selaku TPL menuturkan, sumbangsih sederhana itu diharap mampu meningkatkan perbaikan destinasi wisata Watu Rumpuk secara berkelanjutan.

Baca Juga:  Kian Mantap, Ra Ghufron Kantongi 5 Rekomendasi Pimpinan Cabang

‚ÄúProgram ini merupakan bagian dari dedikasi kami untuk wisata Watu Rumpuk. Sekedar melakukan hal kecil, tapi efeknya luar biasa. Karenanya, ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi kami nanti,” tuturnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman