oleh

Peringati Hari Jadi 161, Pemkab Sidoarjo Ziarah ke Makam Mantan Bupati

MediaJatim.com, Sidoarjo – Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin menziarahi Makam-makam mantan Bupati Sidoarjo mulai dari R.T. Tjokronegoro hingga Bupati Soewandi yang didampingi jajaran Forkopimnda Dandim 0816/Sidoarjo Letkol. Inf. M. Iswan Nusi, Kapolresta Sidoarjo Kombespol. Zain Dwi Nugroho, Kajari Sidoarjo Setiawan Budi Cahyono.

Kunjungan tersebut dalam rangka memperingati hari jadi ke 161 Kabupaten Sidoarjo. Ziarah diawali dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang terletak di Jl. Pahlawan Sidoarjo, Selasa (28/1/2020).

“Ziarah ini merupakan agenda rutin dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Sidoarjo, setiap tahun kita laksanakan ziarah ke makam seluruh bupati, untuk mengenang jasa-jasa (beliau) yang pernah memimpin Sidoarjo”,Kata Nur Ahmad Syaifuddin.

Di TMP Sidoarjo ini Bupati R.Ng. Soeriadi Kertoprojo yang menjabat tahun 1950 – 1958 dimakamkan, Soeriadi merupakan bupati ke 9 . Usai dari TMP Sidoarjo rombongan yang di pimpin Wabup Nur Ahmad Syaifuddin menuju ke makam R.T TJokronegoro I yang memerintah Sidoarjo di era kolonial Belanda, Cokronegoro I memerintah mulai tahun 1859 – 1863 dan makamnya terletak di komplek Makam Asri Hing Pendhem belakang Masjid Agung Sidoarjo. Disamping makam Tjokronegoro I juga dimakamkan Bupati Sidoarjo ke 3 yang bernama R.T Soemodirejo yang menjabat hanya 3 bulan karena wafat tahun 1883.

Baca Juga:  Demi Rekom Maju Pilbup Sidoarjo, Mas Kelana Mundur dari DPD Hanura Jatim

Tujuan berikutnya ke makam Bupati Sidoarjo ke 4 dan 5 yakni R.A.A.P. Tjondronegoro I dan R.A.A.P. Tjondronegoro II yang terletak persis dibaratnya imaman Masjid Agung Sidoarjo, komplek makam keluarga Tjondronegoro. Masih dalam satu komplek makam, terdapat makam Bupati ke 8 yang bernama R.A.A. Soejadi yang menjabat tahun 1933 – 1947.

Kemudian rombongan bergeser ke komplek makam Reksa Pralaya yang bersebelahan dengan komplek makam Asri Hing Pendhem, komplek Masjid Agung Sidoarjo. Di makam Reksa Pralaya ini Bupati Sidoarjo ke 12, Soewandi dimakamkan, Soewandi menjabat mulai tahun 1975 – 1985.

Selanjutnya rombongan bertolak menuju ke komplek makam Sentono Botoh Putih Surabaya. Di komplek makam Botoh Putih Surabaya ini makam R. A Tjokronegoro II dimakamkan. Bupati yang bergelar Kanjeng Djimat ini merupakan Bupati Sidoarjo ke II yang memerintah mulai tahun 1862 – 1183.

Baca Juga:  KKN INSTIKA Ajak Warga Lansia Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah dengan Ngaji Al-Qur'an

Makam Bupati Sidoarjo yang lainnya ada yang dimakamkan di TMP Suropati Malang dan TPU Kecamatan Mojosari, Mojokerto. Rombongan yang berziarah ke makam R. Samadikoen di TPU Kecamatan Mojosari, Mojokerto di pimpin Sekda A. Zaini. Samadikoen merupakan bupati ke 10 yang menjabat mulai tahun 1969 – 1964.

Rombongan ke 3 yang dipimpin Asisten 1 M. Ainur Rahman menuju ke TMP Suropati Malang, tempat H.R Soedarsono bupati ke 11 dimakamkan. Sedangkan rombongan yang lain menuju makam H.A Choedori Amir kepala daerah pertama kabupaten Sidoarjo yang dimakamkan di Kelurahan – Jetis Sidoarjo. Dari seluruh bupati Sidoarjo tersebut hanya satu yang belum diketahui keberadaaan makamnya, yakni bupati ke 7, Sumodiputro.

Reporter: Syaiful Bahri

Redaktur: Sulaiman