KPU Sidoarjo Gelar Seleksi Tertulis pada 343 Calon PPK

MediaJatim.com, Sidoarjo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menggelar tes seleksi tertulis terhadap 343 Calon Komisioner Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari jumlah tersebut 17 Orang tidak hadir.

“Dari seleksi tes tertulis itu ada sekitar 17 Orang yang tidak hadir. Sehingga secara otomatis gugur dalam pencalonan PPK Pilkada 2020,” kata Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak saat melakukan tes seleksi calon PPK di Gedung Serbaguna GOR Delta Sidoarjo, Kamis (29/01/2020).

Dari calon PPK yang sudah mengikuti tes tulis harus mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Soal tersebut dibuat oleh KPU Sidoarjo. Setelah itu akan dipilih 10 Orang setiap kecamatan yang ditentukan secara ranking.

“Dari 10 orang yang dinyatakan lolos nanti akan ada tanggapan masyarakat, selanjutnya akan diadakan tes wawancara untuk menentukan 1 sampai 5 secara beranking, yang akan ditetapkan sebagai komisioner PPK. Sedangkan sisanya (ranking 6-10, red) masuk dalam daftar tunggu,” tambah Cak Iskak.

Baca Juga:  Pasang Banner Bacabup di Halaman Rumah, Oknum Perangkat Desa di Situbondo Dituding Tak Netral

Sementara M. Mudzakir salah satu peserta seleksi tes tulis dari kecamatan Wonoayu menyampaikan, soal-soal tes tulis seputar tentang teknis pelaksanaan pilkada. Lebih lanjut ia mengungkapkan, soal tersebut sedikit berbeda dengan tes tulis pada Pileg April 2019 kemarin.

“Saat ini lebih kepada materi kewilayahan dan teknis Pilkada di Kabupaten Sidoarjo,” ungkap Dzakir yang sebelumnya menjabat sebagai PPK pada Pileg kemarin.

Reporter: Syaiful Bahri

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat