oleh

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, KKN UMM Budayakan Bimbel dan Ngaji Bersama

MediaJatim.com, Malang – Kelompok 29 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui divisi pendidikan dan keagamaan, menggelar Bimbingan Belajar (Bimbel) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Ngaji Bersama di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Selasa (27/01/2020).

Siti, salah seorang pengajar di SDN 01 Druju mengatakan, kegiatan ini untuk menanamkan dan meningkatkan daya keilmuan anak didik di desa.

“Kegiatan les dan mengaji bersama ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak desa mengenai pelajaran sekolah dan ilmu agama di luar kelas,” ungkapnya.

Karena itu, tujuan utama diadakan kegiatan Bimbel tersebut adalah untuk memberikan wawasan serta pengetahuan baru dalam dunia pendidikan di Sekolah Dasar. Mengikutsertakan semua pihak untuk melakukan kerjasama yakni dengan SDN 01, dan SDN 04 Desa Druju.

Baca Juga:  LPIS Nurul Jali Cetak Siswa Ulul Albab

“Penting kiranya Kegiatan Bimbingan Belajar dan Taman Pendidikan Al Quran. Tentu sangat membantu anak-anak dalam mengembangkan potensi minat dan bakatnya,” ucap Koordinator Desa (Kordes), Elsandy Wirahadi.

Ia berharap bisa memberikan sebuah metode pembelajaran baru pada sekolah, sehingga daya kreatifitas anak akan lebih terasah.

Sedangkan untuk Taman Pendidikan Al Quran sendiri di bagi menjadi 2 bagian, yakni TPQ Annur Al-Qodiriyah dan TPQ Assalafiyah. Disampaikan Dija, salah seorang pengajar di TPQ Annur Al-Qodiriyah bahwa, program mengajar ini sangat bermanfaat karena mengingat tenaga pengajar di TPQ sangat terbatas.

Baca Juga:  KKN UMM Angkat Budaya Jaranan di Festival Pajaran

Hingga kini respon positif masyarakat setempat, guru dan siswa-siswa, antusias menyambut program tersebut. Mereka mendukung penuh atas apa yang telah digelar secara rutin itu. Tidak sedikit pula pemerintah desa, hingga masyarakat, turut andil memfasilitasi dengan memberikan tempat strategis dan kondusif.

“Dengan Adanya kegiatan Seperti ini anak-anak dapat lebih aktif belajar dalam mengerjakan tugas,” ujar Noval selaku Tim dari Divisi Pendidikan KKN 29.

Berbagai perlombaan pada setiap bidang bimbingan belajar juga dilakukan. Para siswa yang telah diasah, akan diberikan kesempatan untuk menampilkan hasil bimbingannya pada kegiatan lomba cerdas cermat yang akan dilaksanakan pada tanggal 01 Februari mendatang.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman