Perangi Narkoba, BAANAR Kadur Bangun Sinergitas Bersama Kepolisian

MediaJatim.com, Pamekasan – Sejak dulu, narkoba menjelma sebagai benda mati yang berbahaya di bumi ini. Peredaran dan penyalahgunaannya pun sangat masif, utamanya di kalangan remaja. Perkembangan teknologi yang kian pesat, membuat penyebarluasan perilaku menyimpang itu semakin lihai merajalela.

Merebahnya pergaulan bebas telah banyak meresahkan masyarakat. Selain merugikan tubuhnya sendiri, narkoba juga menjadi penyebab arogansi kejahatan, seperti perampokan, dan tindak kriminal lainnya.

Demikian sekilas gambaran yang menjadi keprihatinan bagi Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) PAC GP Ansor Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, untuk membangun sinergitas guna meminimalisir angka penyalahgunaan narkoba. Sebab, sejauh ini obat terlarang itu nyaris mewabahi seluruh pelosok negeri.

“Tidak mudah membasmi kasus seperti ini. Ayo rekan-rekan BAANAR satukan jihad perangi narkoba. Saya yakin Kecamatan Kadur bisa steril jika komunikasi antar semua pihak terjalin,” tegas Kapolsek Kadur, AKP Junairi Tirto Atmojo, SH, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga:  Baanar Pragaan Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba Secara Lesehan

Mengingat pentingnya mencegah daripada mengobati, ia mendukung program yang dicanangkan BAANAR. Pihaknya mengaku siap menjalin kerjasama dengan aktivis anti narkoba dan mengkomunikasikan dengan para tokoh agama setempat.

“Biasanya penyebarannya lewat jalan-jalan tikus. Oleh sebab itu perlu peran serta semua kalangan agar dapat menjamin keselamatan orang banyak dari bahaya narkoba. Jahat sekali memang! banyak kasus yang kami tangkap, tapi akarnya tetus berkembang,” beber Tirto.

Menanggapi respon antusias Kapolsek, Kepala BAANAR Kecamatan Kadur, Rey Akmal Fauzi menyampaikan, fenomena tersebut telah membuat prihatin banyak pihak. Karenanya, dalam waktu dekat ini BAANAR akan menggandeng Kapolsek Kadur, dan beberapa tokoh berpengaruh lainnya, untuk melakukan sosialisasi di Pendopo Kecamatan Kadur dan akan turun ke sekolah maupun pesantren.

Baca Juga:  33 PMI dari Malaysia Tiba di Pamekasan, Versi Rapid Test Dinyatakan Negatif Covid-19

“Maksud dan tujuan kami disini tidak lain sebagai bentuk silaturahim, membangun sinergitas upaya pencegahan bahaya narkoba. Terlepas dari semua itu, kami akan lakukan sosialisasi di Yayasan Pondok Pesantren, Sekolah, dan forum kepemudaan di desa-desa Kecamatan Kadur,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Rey itu juga berencana mengadakan Kongkow Bareng dengan Kapolsek yang akan dikemas dengan acara yang tidak begitu formal, namun ada sharing informasi di dalamnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat