Ternyata Hasil Lab Air DAM Sumput Berbusa Belum Selesai

Media Jatim
Luh Yuni Areni, Kabid Penataan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Sidoarjo, (Foto: Syaiful Bahri/MJ).

MediaJatim.com, Sidoarjo – Masih ingat pada kejadian Air Sungai DAM Sumput yang berbusa pada (19/01/2020) lalu, ternyata sampai hari ini uji laboratoriumnya masih belum selesai. Padahal uji laboratorium tersebut hanya membutuhkan waktu 14 hari.

Sampel air berbusa itu ditangani DLHK Sidoarjo yang bekerja sama dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya dan DLHK Provinsi Jawa Timur.

“Kita kan kemarin kerjasama dengan BTKLPP dan DLH Provinsi, dan sampai hari ini belum selesai, hasilnya masih dalam Minggu ini,” kata Luh Yuni Areni selaku Kabid Penataan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK Sidoarjo, Selasa (04/02/2020).

Baca Juga:  Cari Solusi Banjir di SMPN 2 Tanggulangin, DPRD Panggil Instansi Terkait

Ia juga menegaskan, DLHK Sidoarjo masih menunggu hasil dari BTKLPP dan DLHK Provinsi Jawa Timur untuk dapat memutuskan kandungan dalam air yang berbusa itu.

“Nanti hasilnya kita komparasikan, nanti hasilnya baru disampaikan ke publik,” ucap Yuni Areni.

Sebelumnya pada sungai DAM Sumput berbusa, atas kejadian ini Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin pada (19/01/2020) lalu, meninjau langsung dan berjanji jika air tersebut tercemar limbah maka akan tindak tegas.

Reporter: Syaiful Bahri

Redaktur: Sulaiman