Harjad Sidoarjo, Basnaz Adakan Khitan Massal

Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin saat meninjau anak yang mau dikhitan, (Foto: Syaiful Bahri/MJ).

MediaJatim.com, Sidoarjo – Badan Amil Zakat (BASNAZ) Kabupaten Sidoarjo mengadakan khitan massal dalam rangka memperingati hari jadi Kota Delta yang ke- 161 Tahun 2020.

Khitan massal kali ini diikuti sekitar 250 anak sekaligus penyerahan sumbangan untuk korban puting beliung dan korban kebakaran serta bantuan kursi roda untuk orang lumpuh.

“Kegiatan ini satu paket dengan rangkaian hari jadi pemkab sidoarjo yang ke 161 yang bekerja sama dengan Basnaz,” kata Plt. Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin saat ditemui di Pendopo Delta Wibawa usai melihat peserta khitan massal, rabu (05/02/2020).

Selain itu, Cak Nur menjelaskan bahwa kegiatan Basnaz selanjutnya juga ada operasi katarak dan bibir sumbing, pihaknya juga berharap kegiatan dapat dilaksanakan ditahun-tahun berikutnya.

Baca Juga:  Sejumlah Penerbangan di Bandara Juanda Masih Terganggu Akibat Kabut Asap

“Alhamdulillah peminatnya sangat banyak, jadi saya harap dapat terus dilaksanakan dan saya ingin kedepan Basnaz kuat sehingga mampu bersinergi dalam setiap kegiatan-kegiatannya,” ungkapnya.

Sementara ketua Basnaz Sidoarjo, H. Ilhamudin menyampaikan, kegiatan ini diperuntukan pada anak yang belum di khitan dan kurang mampu secara financial maka boleh ikut dalam program ini.

“Peserta yang ikut ini diberi uang saku 250 ribu, pakaian di kasih buku, tas dan fasilitas kontrol selama tiga kali di puskesmas masing-masing,” ucap Ilham.

Ia juga menegaskan dana dari kegiatan ini berasal dari infaq dan shodaqoh dari ASN. Saat ini yang dikhitan 200 anak, sedangkan sisanya akan dikhitan pada waktu selanjutnya.

Baca Juga:  Mahfud MD Kunker di Maspion Grup Sosialisasikan RUU Omnibus Law

“Sisanya akan menyusul di puskesmas masing-masing dengan fasilitas yang sama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ilham menuturkan program selanjutnya pada tanggal 12 Maret akan dilakukan scraning untuk operasi katarak, terdapat 300 orang yang sudah mendaftarkan diri.

“Jumlahnya yang daftar operasi katarak 300 orang, tapi masih bisa bertambah lagi, karena memang kouta tidak dibatasi. Sementara untuk bibir sumbing ada 6 orang, yang sudah dioperasi 3 orang,” pungkas Ilham.

Reporter: Syaiful Bahri

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat