oleh

Pamekasan Jadi Titik Pengambilan Api Perdamaian Dunia

MediaJatim.com, Pamekasan – Dalam rangka menyemarakkan kerukunan dan perdamaian dunia, Kabupaten Pamekasan menjadi titik pengambilan Api Perdamaian Dunia pada kegiatan Peace Run 2020, Kamis (6/2).

Acara tersebut digelar oleh Rotary Indonesia bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dengan tema “Madura Bersinar, Dari Madura Untuk Indonesia dan Dunia”.

Bupati Baddrut Tamam mengatakan, acara itu merupakan bentuk satu kesatuan untuk saling menghargai keberagaman. Komitmen untuk menjaga keutuhan secara seksama perlu dirawat.

“Upaya kita semua dalam bersama-sama menjaga kesatuan dan merajut keberagaman di tengah perbedaan. Menanamkan perdamaian untuk seluruh dunia,” tegas Baddrut.

Baca Juga:  KPK Jaring Oknum BPK, Ini Komentar Achsanul Qosasi

Karenanya, melalui berbagai elemen yang diikutsertakan dalam momen tersebut, diharapkan mampu menabur pesan damai bagi semua penduduk bumi tanpa terkecuali.

Peserta mengawal Obor dari wisata Api Tak Kunjung Padam di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, menuju monumen Arek Lancor dan berlanjut ke Mandhapa Pendopo Ronggosukowati.

Ketua FKUB Pamekasan, KH Muidz Khozin menuturkan, kota Pamekasan sengaja diusulkan menjadi tuan rumah acara yang mengusung misi perdamaian itu. Kemudian terpilih di antara banyak pihak yang juga mengusulkan.

“Terpenting rasa persaudaraan dan misi perdamaian ini tetap kukuh. Selaras dengan tema kali ini, agar publik tahu bahwa Madura dihuni oleh orang-orang ramah dan baik penebar kedamaian,” pungkasnya.

Baca Juga:  Mama Gaul Akhirnya Tertangkap

Banyak pihak ikutserta memeriahkan, diantaranya perwakilan Rotary dari beberapa Negara, seperti Amerika Serikat, Bahama, Australia, Singapura, Jepang, Puerto Riko dan Kroasia.

Selain itu, berbagai elemen di Pamekasan juga hadir, Forkopimda, FKUB Madura, OPD, pihak keamanan, mahasiswa hingga siswa-siswi, atlet Pamekasan, Rotary Club Indonesia serta masyarakat umum.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul