oleh

Sebelum Pulang, KKN 15 UMM Bangun Gazebo Literasi

MediaJatim.com, Malang – Sejatinya, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tidak hanya formalitas untuk memenuhi tugas akademik. Hal ini dibuktikan oleh sejumlah mahasiswa KKN kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di desa Kromengan. Mereka membangun Gazebo Literasi dan diresmikan Sabtu (8/2/2020) malam.

M.Rudi, Koordinator Desa (Kordes) KKN setempat mengatakan, pembangunan Gazebo Literasi tersebut merupakan Program Kerja (Proker) unggulan KKN 15 UMM.

“Gazebo literasi ini memang progam unggulan kami,” tuturnya.

Tujuannya, imbuh Rudi, untuk lebih aktif berkontribusi terhadap putra-putri Indonesia khususnya Desa Kromengan sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ia mengaku, pentingnya pendidikan membuat pihaknya berpikir untuk membuat wadah atau penunjang bagi anak-anak Kromengan untuk lebih meningkatkan budaya baca. Gazebo literasi ini dilengkapi dengan bahan bacaan, seperti cerita rakyat, mata pelajaran untuk Sekolah Dasar (SD) dan bahan bacaan untuk anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Baca Juga:  KKN UMM: Sumakul Produktif dan Kreatif di Era 4.0

Peresmian ini disimbolkan dengan pengguntingan pita oleh Kepala Desa Kromengan, Bambang. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian buku oleh Kordes kepada Kepala Desa dan dari Ketua Divisi Pendidikan kepada Kepala Dusun Krajan secara simbolis.

Hadir dalam acara ini, pihak Desa Kromengan, TPL KKN Kromengan Kasun Krajan, RT 25, perwakilan guru PAUD PH, perwakilan guru SDN 44 dan 5 Kromengan, Agency Pemuda dan sejumlah warga lainnya.

“Alhamdulillah merasa senang melihat masyarakat Kromengan sangat antusias dengan adanya gazebo literasi ini . Kami hadir di tengah masyarakat sebagai tugas mahasiswa yang terakhir yaitu mengabdi. Kami mendirikan Gazebo Literasi ini untuk lebih menarik minat anak-anak terhadap dunia baca,” ungkap Rudi optimis.

Kepala Desa Kromengan, Bambang berterima kasih kepada KKN 15 UMM yang sejauh ini sudah mengabdi di desanya. “Kami berterimakasih kepada anak KKN 15 UMM yang sudah berkerjasama dengan baik dan sudah membantu Desa Kromengan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Salah satunya pembangunan Gazebo Literasi ini,” katanya saat memberikan sambutan di acara tersebut.

Baca Juga:  DPMD Situbondo Sebut Proyek Desa Tetap Jalan di Tengah Wabah Covid-19

Bambang berharap, berharap kepada Pak Kasun Krajan sebagai penanggung jawab agar peninggalan ini tetap ada kelanjutan agar bisa selalu bermanfaat.

Amel, salah satu anggota Agency Pemuda menilai, pembangunan gazebo tersebut patut diacungi jempol. Menurutnya, Selama ada mahasiswa yang KKN, hanya KKN 15 UMM yang bisa melakukan itu di desanya.

“Kami acungkan jempol untuk kakak-kakak KKN 15 UMM ini. Karena kali pertama dari beberapa KKN di desa Kromengan yg mendirikan gazebo literasi dan juga atas kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. Kami Agency pemuda akan berusaha untuk membuat program ini tetap berkelanjutan,” ujarnya.

Reporter: Gafur

Redaktur: Zul