oleh

LSI: Indrata Nur Bayuaji Unggul di Internal Demokrat, Tapi Swing Voter Masih Tinggi

MediaJatim.com, Pacitan – Berdasarkan dari hasil temuan dan analisis survei yang dilakukan oleh Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI), terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan periode 2020-2024, Indrata Nur Bayuaji paling unggul di internal Partai Demokrat.

Hal itu sebagaimana dipaparkan oleh Peneliti LSI Network, Fadli Fakri Fauzan, saat konferensi Pers, di Hotel Prasasti, Jalan Imam Bonjol, Nomor 8 Pacitan, Senin (10/02/2020) sore.

Ia memaparkan, dari hasil pengumpulan data per tanggal 12-20 Januari 2020, dengan jumlah responden awal sebanyak 440 orang, bakal calon Bupati Pacitan dari internal Partai Demokrat yang paling tinggi yakni Indrata Nur Bayuaji dengan perolehan 17,7%, disusul Yudi Sumbogo 5,9%, kemudian Ronny Wahyono 5,5%, Luki Tri Baskorowati 1,4% dan Sudijono Sastroatmodjo 1,1%, sedangkan swing voter atau pemilih tidak loyal mencapai 68,4%.

Baca Juga:  Presiden Madura United: Jangan Terlalu Lama Merayakan Euforia

“Ada beberapa hal yang memengaruhi Indrata Nur Bayuaji unggul di setiap tahapan survei. Diantaranya memiliki tingkat kesukaan paling tinggi di masyarakat, dikenal, punya alat peraga sosialisasi paling banyak dan dinilai masyarakat paling Demokrat sebagai calon bupati,” katanya.

Sementara itu, Imam Fauzi, Peneliti LSI Network lainnya mengungkapkan, selama ini Pacitan sangat identik dengan Partai Demokrat. Hal ini salah satunya karena terdapat figur seorang Presiden RI Ke-6 asal Pacitan. Sehingga, ada ketertarikan tersendiri bagi LSI untuk melakukan survei.

“Pacitan basisnya Partai Demokrat, dari situlah dasar kami untuk melakukan penelitian dengan metode sampling multistage random sampling. Dengan responden awal 440 orang. Kemudian wawancara tatap muka quesioner dan margin of error kurang lebih 4,8 persen. Tapi, karena survei dilakukan pada Januari lalu dengan waktu sekitar delapan hari, sehingga swing voter mendominasi yang mencapai 68,4 persen,” tukasnya.

Baca Juga:  Pemuda Kertagena Laok Rayakan Hari Kemerdekaan di Jalan Rusak

Reporter: Sigit

Redaktur: Sulaiman