oleh

Melalui SMK Mini, SMK Nurul Ulum Dorong Siswa Berjiwa Entrepreneur

MediaJatim.com, Pamekasan – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Ulum gelar launching SMK Mini, Pelatihan Menjahir dan Bordir untuk pembuatan aksesoris rumah tangga di Aula setempat, Desa Mangar, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Minggu (9/02/2020).

Acara itu dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Pamekasan, Camat Tlanakan, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ulum, Ketua Yayasan Al Masrur, Pemerintah Desa dan masyarakat.

Selain itu, para santri dan alumni turut memeriahkan kegiatan tersebut. Mereka antusias mengikuti acara hingga usai. SMK Mini ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) siswa maupun alumni SMK Nurul Ulum, sehingga nantinya dapat menciptakan lapangan kerja baru.

Baca Juga:  Refleksi Hari Buruh Nasional, BEM-FE UNIRA Gelar Aksi Bisu

“Kami menginginkan siswa maupun alumni dapat menjadi terampil dan mampu membuka lapangan kerja baru di lingkungan pondok pesantren dengan mengacu pada potensi lokal yang ada. Sehingga mereka bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” jelas Kepala SMK Nurul Ulum, Ach. Mahrus HB.

Generasi yang lahir dari pelatihan ini, menurutnya, bukan hanya bisa menghasilkan produk, namun juga dapat memasarkan hasil karyanya melalui strategi yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Sehingga produk yang dihasilkan bisa laku di pasaran dan tujuan peningkatan ekonomi masyarakat bisa terwujud,” harapnya.

Baca Juga:  Anak Usia Dini Butuh Metode Pembelajaran Mendongeng

Pihaknya mengaku akan mempromosikan hasil produk tersebut melalui kerjasama dengan mini market, toko, dan pasar modern lainnya. Sehingga nantinya upaya melahirnya wirausaha yang sukses bisa tercapai.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Pamekasan, Slamet Goestiantoko menuturkan, SMK Mini tersebut bukan dilihat dari kuantitas waktunya yang minim. Akan tetapi output yang nanti akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

“Program ini dibiayai pemerintah, kesempatan besar untuk mengasah keterampilan dan menumbuhkan jiwa entrepreneur serta dapat melahirkan para wirausahawan hebat,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul