Inalum Harus Berikan Kontribusi Besar untuk Masyarakat Danau Toba

Media Jatim

MediaJatim.com, Jakarta – Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Ir. Lamhot Sinaga sangat yakin PT Inalum bisa hadir untuk masyarakat khusus-nya kawasan Danau Toba. Ia menyampaikan berupa kesan dan pesan dalam rangka melaksanakan Strategy Pengelolaan industri Pertambangan.

Hal ini disampaikan politisi putra daerah Sumatera Utara ini saat dihubungi, Selasa (11/02/2020). Ir Lamhot Sinaga mengutarakan pendapatnya ini saat hadir dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Inalum dengan Komisi VI DPR RI terkait ‘Pengelolaan Usaha Pertambangan Holding Industri MIND.ID di The Sultan Hotel Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

Di dalam diskusi tersebut, Ir. Lamhot Sinaga memberikan catatan kepada Perusahaan INALUM yang seharusnya memberikan kontribusi besar untuk daerah. Terutama untuk kawasan Danau Toba dengan membantu program pemerintah, untuk menjadikan Danau Toba menjadi kawasan sumber prioritas destinasi pariwisata.

Baca Juga:  Kader Muda Golkar Desak Polisi Ungkap Dalang Penggerak Demo Anarkis

“Karena kita sangat paham, Inalum menggunakan sumber energi 600 Megawatt dari air yang berasal dari Danau Toba yang dihasilkan di PLTA sigura-gura. Tentu dengan slogan BUMN Hadir Untuk Negeri, saya percaya Inalum juga bisa hadir untuk masyarakat khususnya di kawasan Danau Toba,” tandas anggota DPR RI Komisi VI ini.

Menurutnya, saat ini Inalum sudah memanfaatkan sumber daya alam (SDA) danau untuk danau toba. Akan tetapi sampai saat ini masih kurang maksimal memberikan kontribusi pada masyarakat di kawasan Danau Toba.

“Saya berharap PT Inalum bisa memberikan kontribusi yang maksimal bagi masyarakat Danau Toba,” pinta Ir Lamhot Sinaga.

Dirinya juga meminta Inalum jangan hanya menyampaikan harapan ingin perusahaan tambang berkelas internasional dalam sebuah narasi semata. Apalagi PT Inalum atau MIND.ID menjadi perusahaan yang diprioritaskan pemerintah berkembang pesat.

Baca Juga:  Aliyadi Mustofa Jadi Bacaleg DPRD Jatim 2024 untuk Ketiga Kali, Target 300 Ribu Suara

“Kita berharap semua bisa dilaksanakan secara nyata dan pada akhirnya kita berharap semua agar perusahaan tambang nasional ini bisa diandalkan di kancah internasional,” tukas Ir Lamhot Sinaga.

Ia menambahkan, PT Inalum diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pelestarian alam, termasuk di wilayah yang berada di sekitar Danau Toba. Harapan ini lanjut, Ir Lambot Sinaga harus diwujudkan Inalum dalam berbagai program tanggung jawab sosial yang mencakup berbagai bidang.

“Bisa dalam penanaman pohon di area seluas puluhan hektar, pemberian bantuan ke pengelola Geopark Kaldera Toba dan bantuan pendidikan, bantuan upgrade rumah baca, dan sarana lainnya. Terakhir bidang pembangunan infrastruktur di pengembangan kawasan destinasi wisata danau toba,” pungkasnya.

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Sulaiman