SIGMA Unira, Ajang Asah Kemampuan Generasi Gemar Matematika

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Beragam cara dilakukan Himpunan Mahasiswa Prodi Matematika (Himatika), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Madura (Unira), upaya membidik generasi berkualitas. Kompetisi Gemar Matematika (SIGMA) tingkat SD/SMP/SMA se-Madura 2020, diyakini mampu melahirkan Matematikawan Muda masa depan.

Acara yang digelar rutin setiap tahun itu sengaja disuguhkan kepada peserta didik yang datang dari berbagai Sekolah maupun lembaga di empat kabupaten di Madura. Mereka sangat antusias mendelegasikan siwa-siswi terbaiknya.

“Kegiatan ini menjadi bukti semangat dan cita-cita besar generasi muda Madura. Mereka bersatu mengasah kompetensinya, hingga kemudian terlahir generasi cemerlang di bidang Matematika,” tutur Rektor Unira, Dr. Ir. Risqina, M.P.

Banner Iklan Media Jatim

Ia menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pembaharuan secara berkala. Mengadakan evaluasi dan memperkaya inovasi, demi terselenggaranya kompetisi yang lebih baik dan mencetak Matematikawan yang berdaya saing tinggi.

Baca Juga:  Jasuli: Sukses Pendidikan Tak Bergantung pada Fasilitas yang Wah

Selain dalam rangka memperebutkan Piala Rektor Universitas Madura, agenda itu juga dihidangkan menjelang Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kompetisi tersebut diketahui berlangsung dua hari, Minggu (9-10/2/2020).

Ketua Umum Himatika, Abdul Kholik Aziz, menyampaikan, kegiatan itu tidak lain untuk memfasilitasi dan mengasah sejauh mana kemampuan siswa. Tidak hanya sekedar kompetisi belaka, melainkan terus berlanjut memperkaya ilmu Matematika lebih gencar lagi.

“Bukan sekedar memperebutkan piala Rektor saja. Tapi bagaimana peserta bisa mengasah daya intelektual lebih dalam lagi. Berkompetisi dengan orang-orang hebat tentu akan meningkatkan semangat juang menuju kecerdasan yang hakiki,” ungkapnya kepada MediaJatim, Selasa pagi (11/2).

Baca Juga:  Insentif 50 Persen THR dan TPG Guru 2023 di Pamekasan Belum Cair!

Selebihnya, dia mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah andil mensukseskan acara ini. Khususnya kepada seluruh civitas akademika Unira.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul