oleh

Kunker ke Pacitan, Wamendes PDTT Bicara Soal SDM hingga Penekanan Stunting

MediaJatim.com, Pacitan – Sumber daya manusia (SDM) di desa dalam mengelola Dana Desa (DD) rata-rata masih menjadi persoalan yang harus dipecahkan. Sehingga, dalam pemerintahan Jokowi-Makruf Amin menekankan tentang peningkatan SDM.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Budi Arie Setiadi, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dalam rangka meningkatkan kapasitas kepala desa, di Pendapa Kabupaten, Rabu (12/02/2020).

“Kita ini baru sadar, bangsa ini untuk bersaing dengan bangsa-bangsa lain di waktu depan adalah pertarungan SDM. Kalau kita tidak membina sejak dini SDM yang cerdas, kita akan sulit bersaing. Makanya SDM unggul itu penting,” ujarnya.

Baca Juga:  DEM Madura Kecam Keras Rencana Menteri Erick Thohir Jual Saham Pertamina

Meski demikian, lanjut Budi Arie, guna meningkatkan SDM tersebut, salah satu progam presiden dan wapres dalam visi Indonesia maju yakni penekanan angka stunting atau kekurangan gizi.

“Kita harus memangkas angka stunting ini ke level terendah,” singkatnya.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indartato megatakan, kemajuan sebuah desa menjadi indikator kemajuan bagi pemerintah. Di era digital seperti ini, tentu menjadi tuntutan tersendiri bagi aparatur desa guna meningkatkan kemampuan SDM. Mengingat, peran desa sangat penting guna menopang percepatan pembangunan.

“Kami berharap, ke depan ada pelatihan-pelatihan khusus yang diberikan kepada kepala desa guna meningkatkan kapasitas SDM, agar mampu bersaing. Semoga, dengan hadirnya Pak Wakil Menteri di Pacitan ini dapat memberikan masukan yang lebih baik maupun lainnya kepada Forum Komunikasi Kepala Desa Se-Kabupaten Pacitan,” ucap Indartato.

Baca Juga:  TP PKK Pamekasan Komitmen Tekan Angka Stunting

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul