oleh

BUMDes Al-Husna Samatan Bergerak Aktif Sejahterakan Masyarakat

MediaJatim.com, Pamekasan – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Samatan, Proppo, Kabupaten Pamekasan terus bergerak aktif melayani masyarakat. Tujuannya tidak lepas dari upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Yakni melalui pengembangan usaha ekonomi dan pelayanan sosial serta pendidikan,” ujar Kepala Desa (Kades) Samatan, Muhammad Tamyiz saat ditemui di kantornya, Kamis (13/2).

Guna merealisasikan tujuan tersebut, tambah Tamyiz, dilakukan empat hal. Pertama, menciptakan lapangan pekerjaan. Kedua, menggali potensi desa untuk didayagunakan.

“Ketiga, membuka pola wirausaha masyarakat. Keempat, mengembangkan usaha ekonomi melalui usaha simpan pinjam dan usaha riil,” ungkapnya.

Baca Juga:  Transaksi Narkoba, Pelajar SMP Diringkus Polisi

Keempat misi tersebut, tambahnya, diterjemahkan ke dalam empat kegiatan. Yakni, investasi dengan cara warga sudah menjadi anggota aktif BUMDes dengan menabung untuk masa depan.

“Simpan pinjam menjadi kegiatan lainnya,” paparnya.

Di samping itu, ungkap Tamyiz, juga diketengahkan kegiatan sosial anggota aktif akan mendapatkan tunjangan kematian maksimal Rp1 juta.

“Terakhir, kegiatan pendidikan. Dalam kegiatan ini, siswa yang menjadi anggota aktif mendapatkan tunjangan peralatan lengkap sekolah setiap tahun,” tukasnya.

Reporter: A6

Redaktur: Zul