oleh

Yuk Ikuti Genduren di Gendaran, Hanya dengan Rp20 Ribu Bisa Dapat Durian dan Akik

MediaJatim.com, Pacitan – Gendaran Dodol Duren (Genduren), Pilih Duren (durian) dan Akik Sesukamu. Itulah cara Pemerintah Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, dalam menyemarakkan Hari Jadi Pacitan ke-275 yang diperingati setiap tanggal 19 Februari.

“Kegiatan ini dalam rangka hari jadi Pacitan, dan akan digelar selama dua hari mulai tanggal 19-20 Februari 2020,” kata Wulan Fitriana, Kepala Desa Gendaran, melalui pesan tertulisnya yang diterima MediaJatim.com, Minggu (16/02/2020).

Bukan hanya ‘Genduren’ saja yang digelar, tetapi kegiatan lainnya seperti senam massal, wayang kulit, bazar kuliner tradisional hingga edukasi hewan reptil, juga turut menyemarakkan HUT Pacitan di Desa Gendaran. Dan rencananya, acara itu akan dipusatkan di Balai Desa Gendaran.

Baca Juga:  Berbagi Waktu Antara Bisnis dan Dakwah

“Untuk kegiatan di hari Rabu (19/02/2020) itu gratis, tetapi untuk kegiatan ‘Genduren’ di hari berikutnya tidak gratis, harga tiket masuk (HTM) Rp20 ribu itu dapat 1 buah durian di tambah souvenir berupa akik,” terangnya.

Kegiatan itu, lanjut Wulan, baru pertama kali digelar, yang diharapkan akan membawa dampak positif terutama bagi perekonomian masyarakat desa setempat. Sehingga, jika kegiatan yang akan dilaksanakan itu sukses, maka tidak menutup kemungkinan ke depan akan kembali dilaksanakan.

Namun demikian, atas apa yang hendak dilakukan tersebut, pihaknya juga berharap dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk dapat mendongkrak dan juga menggerakkan ekonomi kreatif yang ada di desa.

Baca Juga:  Talud di Gayuhan Ambrol, Berada Tepat di Tepi Jalan Menuju Objek Wisata Air Hangat

“Semoga peringatan Hari Jadi Pacitan ke depan bisa mendongkrak ekonomi kreatif khususnya industri kecil di desa, melalui kegiatan-kegiatan yang tidak hanya terpusat di seputaran kota saja. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain juga,” pungkasnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul