oleh

BAANAR Kadur Goes to Pesantren

MediaJatim.com, Pamekasan – Maraknya penyebaran narkoba telah meracuni segala aspek kehidupan, tak terkecuali di dunia pendidikan maupun pesantren. Karenanya, upaya mencegah bahaya narkoba yang kian masif itu, Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) Kadur menggandeng Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Anwar, Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Senin (17/2/2020).

Komitmen yang dibangun bersama untuk memerangi narkoba terlihat jelas dari dukungan pihak Ponpes Miftahul Anwar. Pembentukan Gerakan Pelajar Anti Narkoba (GPAN) oleh Yayasan setempat menjadi bukti nyata semangat pencegahan penyalahgunaan obat terlarang itu.

Pengurus Yayasan Al-Anwar -yayasan yang menaungi Ponpes Miftahul Anwar-, Kiai Saja’e Arifin menuturkan, pihaknya bersyukur telah dapat menggelar kegiatan bersama BAANAR Kadur.

“Kegiatan ini tentu akan melahirkan santri masa depan yang berkarya tanpa narkoba. Bisa bekerjasama dengan BAANAR adalah luar biasa bagi kami, ikhtiar melawan narkoba semoga bisa berkesinambungan,” ujarnya.

Baca Juga:  Merasa Dibandingkan, Rektor Kosim Beberkan Program Beasiswa IAIN Madura

Dalam kegiatan yang dikemas dengan sosialisasi bahaya narkoba itu, dilangsungkan pula penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BAANAR Kadur dengan pihak Ponpes Miftahul Anwar, yang disaksikan langsung oleh jajaran guru dan santri Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) Miftahul Anwar.

“Semoga dengan MoU ini, kita bisa bersama-sama memberikan penyadaran kepada generasi bangsa utamanya di lembaga Miftahul Anwar tentang bahaya Narkoba. Dimulai dari generasi muda, tentu merupakan salah-satu cara paling efektif dalam menanamkan semangat anti narkoba,” kata Kepala BAANAR Kecamatan Kadur, Rey Akmal Fauzi.

Lebih lanjut, Fauzi menyampaikan, gerak cepat BAANAR Kadur tersebut tidak lain merupakan program kerja utama untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di Pamekasan. Termasuk juga di Kecamatan Kadur yang sampai saat ini terbilang cukup memprihatinkan.

Baca Juga:  Dinilai Kinerja Lamban, Warga Datangi Mapolsek Pasean

“Dari sekian informasi yang menjadi cacatan kami, sangatlah memprihatinkan. Ini merupakan tanggung jawab besar untuk kemudian mendorong kami bergerak lebih gencar lagi dibalik gesitnya penyimpangan-penyimpangan moral ini,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BAANAR Kabupaten Pamekasan, Hairul Anam mengapresiasi langkah yang telah dilakukan BAANAR Kecamatan Kadur. Menurutnya, meski usia kepengurusan baru dibentuk, hingga kini telah banyak menyambangi instansi terkait untuk mengukuhkan sinergisitas.

“Terkhusus sahabat-sahabat Baanar Kecamatan Kadur, saya apresiasi progam yang sejauh ini telah direalisasikan. Semoga ikhtiar kedepannya semakin sukses dan diridhai oleh Allah,” tukasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul