oleh

Viral Hoaks Prasasti Peresmian KCM, F-PKB Desak Polisi Segera Bertindak

MediaJatim.com, Pamekasan – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Kabupaten Pamekasan, Khairul Umam, menyikapi beredarnya dan viralnya foto prasasti peresmian Kota Cinema Mall (KCM) Kabupaten Pamekasan yang akhir-akhir ini menjadi konsumsi publik.

Khairul Umam menegaskan, Pemerintah Daerah sudah membantah pembuatan prasasti tersebut. Bahkan dari pihak manajemen KCM pun juga telah membantahnya.

“Kami menduga adanya indikasi pihak lain yang sengaja membuat prasasti dimaksud. Kemudian difoto, disebarluaskan, dan diviralkan informasi hoaks itu,” kata Khairul umam.

Apalagi di prasasti tersebut ada tanda tangan Bupati Pamekasan H Baddrut Tamam. Menurutnya, itu jelas pemalsuan tanda tangan pejabat negara yang disebarluaskan jadi konsumsi publik. Padahal, itu berita bohong.

Baca Juga:  Kinerja Dinilai Lalai, Ketua LP2M IAIN Madura Temui Langsung Massa Aksi

“Kami mengendus adanya desain pihak tertentu untuk membikin gaduh dan ricuh masyarakat Pamekasan. Faktanya, banyak yang terprovokasi. Akibatnya, Kabupaten Pamekasan menjadi gaduh, tidak kondusif gara-gara berita bohong itu,” tegas mantan aktivis PMII Pamekasan tersebut.

Atas hal itu, F-PKB DPRD Kabupaten Pamekasan mendorong dan meminta pihak keamanan untuk melacak, mencari, dan menindak pembuat dan penyebar berita hoaks tanda tangan prasasti Bupati Pamekasan terkait KCM.

“Kalau aparat serius, sebenarnya gampang menyelidikinya, tinggal ditelusuri penggunggah pertama kalinya di media sosial (medsos),” lanjutnya.

Dengan begitu, motif penyebaran berita bohong bisa terungkap. Muaranya, publik memahami bahwa ada pihak yang sengaja membuat gaduh suasana.

Baca Juga:  Seorang Nenek dan Cucunya Mati Tenggelam di Sungai

Khairul Umam sangat prihatin, energi masyarakat sudah terkuras oleh viralnya berita bohong. Itu sama sekali tidak mengedukasi masyarakat untuk bisa berpikir cerdas, tidak mendidik masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusivitas Kabupaten Pamekasan.

“Ini tidak baik bila dibiarkan. Kalau pelakunya bisa ditindak, tentu bisa menjernihkan fakta-fakta dan kebenaran kepada publik,” tukasnya.

F-PKB mewanti-wanti pihak keamanan untuk mencari dan menindak pelaku berita bohong perihal prasasti peresmian KCM yang mencatut tanda tangan Bupati Pamekasan.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: A6