oleh

Manfaatkan Potensi Lokal, Bupati Pamekasan Gandeng Pengusaha Kuliner Tradisional

MediaJatim.com, Pamekasan – Pusat Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM) di Kelurahan Kangenan, Senin (24/2/2020), telah diresmikan langsung oleh Orang nomor satu di Pamekasan, H Baddrut Tamam.

Kegiatan upaya memajukan ekonomi daerah melalui desa dan kelurahan itu, diketahui menghadirkan pengusaha kuliner tradisional. Beragam produk sengaja didatangkan untuk membangkitkan semangat agar bisa menekuni usaha sebagai bagian dari progres potensi lokal yang harus dilestarikan.

“Beragam langkah yang kami canangkan, pelatihan-pelatihan untuk kemudian menciptakan keahlian baru, memanfaatkan produk-produk yang dibuat sendiri. Sebab tanpa demikian, tidak akan ada pertumbuhan dan penguatan ekonomi di Pamekasan,” papar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Baca Juga:  Kader GP Ansor Tak Pernah Bermasalah dengan Negara

Selain meninjau langsung usaha kuliner yang dikembangkan oleh masyarakat setempat, ia juga memberi pengarahan terkait tata cara berwirausaha dengan baik.

Ra Baddrut, sapaan akrabnya mengungkapkan, beragam potensi lokal yang ada mesti kita kembangkan. Tidak hanya kuliner khas desa, tetapi juga menggagas usaha baru dengan kemasan yang lebih inovatif.

“Mereka yang telah mempunyai skill tidak cukup hanya disitu saja. Mereka juga butuh alat, pemodalan, dan cara untuk memasarkan produk tersebut. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Pamekasan menjamin akan menfasilitasi segala yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap mantan aggota DPRD Provinsi Jawa Timur itu.

Baca Juga:  Ini Kebijakan IAIN Madura Cegah Penyebaran Covid-19

Selaras dengan hal itu, Ketua PKPM Kelurahan Kangenan, Agus Hariyanto menyampaikan, momen tersebut merupakan salah satu agenda untuk menjadikan Kangenan sebagai kelurahan tematik, agar penguatan ekonomi daerah semakin kuat.

“Pemberdayaan pengusaha lokal Pamekasan harus kita maksimalkan, dengan harapan dapat menikmati barang ataupun produk dari hasil karya tangan kita sendiri,” harapnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul