oleh

SD Juara Surabaya Sukses Sabet Juara 3 ACIPRAJA se- Jawa Timur

MediaJatim.com, Surabaya – Sebanyak 8 siswa SD Juara mengikuti lomba ACIPRAJA (Ajang Cipta Prestasi Palang Merah Remaja) ke XIX di SMAN 19 Surabaya, Kamis lalu (22/2/2020). Delapan siswa yang semuanya dari kelas 2 itu dibagi menjadi 2 tim, tim A terdiri dari Langit, Furqon, Sabila, dan Wafa. Sedangkan Tim B tediri dari Nafisa, Izzah, Syifa dan Tiara.

ACIPRAJA merupakan lomba Tahunan PMR (Palang Merah Remaja) tingkat Jawa Timur yang rutin diadakan setiap tahun. Cabang lomba yang diikuti SD Juara Surabaya adalah Pertolongan pertama pada kecelakaan. Untuk persiapan lomba ini anak-anak telah berlatih intensif 2 kali setiap pekan.

Baca Juga:  Datangi KPU Surabaya, Gus Din-Ning Hermin Konsultasi Pencalonan

Anak-anak dikenalkan dengan beberapa perlengkapan pertolongan untuk korban kecelakaan. Sampai dengan belajar membalut luka dan menenangkan korban. Pada hari perlombaan, tim B mendapat giliran tampil terlebih dahulu. Panitia memberikan sebuah soal cerita tentang korban kecelakaan yang harus ditolong. “Aku gugup sekali,” ucap Nafisa setelah selesai.

Untuk memotivasi anak-anak agar lebih siap, Yuswaningsih selaku guru pendamping memberikan motivasi lagi ke anak-anak. Menurutnya, mereka bisa tampil lebih tenang, meskipun masih usia termuda dibandingkan dengan sekolah lain yang semuanya dari kelas 4 dan 5.

Baca Juga:  Santri Annuqayah Juara Olimpiade Nahwu-Sharaf Tingkat Jatim

“Alhamdulillah, mereka dapat tampil dengan baik. Meski mereka baru kali pertama mengikuti lomba, kita patut berbangga karena tim A meraih juara 3 dengan kategori kekompakan tim. Sedangkan tim B meraih juara 3 kategori umum,” ucap Yuswaningsih, Senin (24/2/2020).

Reporter: Agus Supriadi

Redaktur: Zul