oleh

Posko Konsultasi Virus Corona di Sumenep

Mediajatim.com, Sumenep – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, membentuk posko konsultasi virus corona di seluruh puskesmas, Rabu (4/3/2020).

“Ini langkah preventif, agar masyarakat tidak keliru mendapatkan informasi soal ini (virus Corona),” Tutur Agus Mulyono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep.

Agus menambahkan, Posko Konsultasi ini juga untuk mengantisipasi kepanikan warga yang berlebihan terkait virus yang sudah merebak di puluhan negara ini.

Dengan adanya posko informasi di masing-masing puskesmas, diharapkan masyarakat bisa mendapat informasi yang benar dan tidak termakan informasi hoaks.  

Baca Juga:  Disbudpar Banyuwangi Promosikan Hotel Aston ke Mancanegara

Masing-masing posko konsultasi, Dinas Kesehatan menyiapkan tenaga medis untuk menerima keluhan dari masyarakat.

“Disitu (Posko Konsultasi) ada dokter, perawat dan bidan bagi mereka yang hamil,” tambahnya.

Posko ini, menurut Agus, akan terus disiagakan di masing-masing puskesmas, hingga waktu yang tidak ditentukan. Karena hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah, kapan kasus virus corona ini akan selesai.

Dinas kesehatan juga melakukan kerjasama lintas sektoral. Dintaranya dengan pihak kepolisian dan TNI. Kerjasama ini untuk mempermudah dan mempercepat informasi, khususnya kedatangan warga dari luar negeri yang terindikasi melakukan kontak langsung dengan warga yang suspect corona. Khususnya dari negara China.

Baca Juga:  Peduli Guru Budi, SMK Mabdaul Falah Galang Dana

“Kami sudah buat edaran, dari Kemenkes, Bupati dan Dinas Kesehatan. Termasuk agar masyarakat terus melakukan prilaku hidup sehat,” tutupnya.

Reporter: NK

Redaktur: Sulaiman