oleh

Peduli Kebersihan, Bupati Baddrut Hibahkan Kendaraan Sampah untuk Pesantren

MediaJatim.com, Pamekasan – Sebagai bentuk kepedulian terhadap pesantren, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyalurkan bantuan kendaraan sampah kepada beberapa pesantren besar di Kabupaten Pamekasan, Jumat (6/3/2020).

Bantuan tersebut berupa kendaraan Viar yang didesain khusus pengangkut sampah. Hal itu diberikan langsung Bupati Baddrut didampingi Wabup Raja’e kepada enam pesantren ternama di Kota Gerbang Salam.

Adapun beberapa pesantren yang tercatat mendapat bantuan itu diantaranya; Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata, Darul Ulum Banyuanyar, Al Hamidy Banyuanyar, Miftahul Ulum Bettet, Darul Akhlaq Toronan dan Sumber Bungur Pakong.

Baddrut Tamam menuturkan, pemberian bantuan itu agar pesantren menjadi lingkungan bebas sampah. Karenanya, santri yang bernaung di dalamnya dapat menimba ilmu dengan nyaman di tengah lingkungan yang menyehatkan.

Baca Juga:  Pimpinan DPRD Apresiasi PCNU Pamekasan Wadahi Keberislaman Diana

“Sebagaimana diajarkan dalam kehidupan pesantren, bahwa ‘kebersihan merupakan sebagian dari iman’. Oleh karena itu, dengan bantuan ini, semoga mendorong pesantren menjadi lingkungan bersih dan indah,” harap Baddrut Tamam.

Katanya, pesantren harus menjadi penggerak utama dalam menjaga lingkungan. Pengelolaan sampah harus ditata dengan baik, sehingga tidak merusak pada lingkungan.

“Pesantren harus menjadi penggerak utama menjaga lingkungan. Di beberapa pesantren ini, sampah akan bisa dikelola dengan baik. Tentunya melalui bantuan alat operasional yang jelas akan mempermudah pembersihan lingkungan dari sampah tersebut,” papar Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Baca Juga:  Jokowi, Prabowo, dan Pengkhianatan Perang Jamal

Selain itu, Alumnus Ilmu Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang itu menjamin akan mendistribusikan bantuan ke berbagai pesantren di Kabupaten Pamekasan secara bertahap.

“Sebanyak 329 pondok yang di dalamnya sudah ada 39 tergabung dalam Eko Pesantren, untuk kemudian nantinya akan juga diberikan bantuan. Semoga ini bisa terus terlaksana kedepan,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul