oleh

Deklarasi Organisasi, DEM Madura Angkat Masalah Ketahanan Energi Nasional

MediaJatim.com, Sampang – Dalam rangka deklarasi organisasi, Dewan Energi Mahasiswa (DEM) menggelar Seminar Nasional di Balai Pertemuan Umum Kabupaten Sampang, Sabtu (07/03/2020).

Hadir sebagai narasumber drg. Urgan Gandar (Aktivis Energi), Arie Gumilar (Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu) dan Ubaidillah (Anggota DPRD Kabupaten Sampang).

Acara yang bertajuk “Optimalisasi Energi Baru Terbarukan Sebagai Solusi Ketahanan Energi Nasional” ini juga dihadiri oleh Ketua DPDR Kabupaten Sampang dan diikuti lebih dari 200 peserta dari kalangan mahasiswa.

Ketua Umum DEM Madura Muhlas membeberkan, didirikannya DEM tersebut karena pihaknya tidak ingin kekayaan Madura hususnya di bidang energi terus terusan di kelola oleh asing.

Baca Juga:  Terdampak Puting Beliung, Bupati Sampang Sigap Bantu Janda

“Karena kita sebetulnya selama ini tidur di atas minyak, berselimut angin dan beratapkan mata hari dan itu adalah energi,” ujar mahasiswa yang juga aktivis HMI itu.

Madura adalah salah satu wilayah yang punya potensi baik energi fosil ataupun non fosil, itu merupakan kekayaan luar biasa yang dimiliki Madura.

Oleh sebab itu kata Muhlas, karena selama ini belum ada teman-teman aktivis Mahasiswa yang secara fokus belajar tentang energi, dirinya hadir untuk mendirikan.

“Dengan berdirinya DEM Madura ini, saya berharap kedepan Mahasiswa Madura berperan aktif dalam menambah pengetahuan dalam bidang energi, selalu aktif mengkaji dan menguntrol setiap aktifitas yang berkaitan dengan energi nasional dan Madura khsusnya. Merangsang pikiran masyarakat hususnya mahasiswa untuk lebih dalam persoalan energi. Kalau bukan kita siapa lagi,” jelas Mantan Presma Universitas Madura tersebut.

Baca Juga:  Halau Covid-19, Karang Taruna Perkasa Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lembaga Pendidikan

Sementara itu, acara ini langsung mendapatkan respon positif dari peserta seminar.

“Saya tidak menyadari bahwa di Madura ini sangat kaya akan energi, jadi sangat bagus dan pas untuk kaum milenial bagaimana pemuda Madura kedepannya bisa lebih memperhatikan energii, sehingga nantinya pemuda bisa punya ide untuk mengelola energi yang ada, dan meningkatkan perekonomian di Madura,” kata salah satu peserta, Abd. Mahwi.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul