oleh

Janjikan Perpustakaan Baru, Wabup Pamekasan Kuatkan Budaya Literasi

MediaJatim.com, Pamekasan – Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, kembali mengingatkan masyarakat di wilayahnya tentang pentingnya  budaya literasi. Bahkan untuk menguatkan budaya literasi di wilayahnya, pihaknya berjanji akan segera membangun perpustakaan baru yang lebih representatif untuk memfasilitasi minat baca masyarakat.

Hal itu disampaikan Raja’e, saat membuka kegiatan Seminar bertajuk Internalisasi Pemikiran Proklamator Bung Karn, yang digelar oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno, bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Pamekasan, di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Selasa (10/3/2020).

Dalam kesempatan itu, Raja’e menyampaikan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007, dan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Perpustakaan.

Baca Juga:  Pendapatan Daerah Menurun, Wabup Bondowoso Gelar Rapat Bersama Bapenda

Dimana lanjut dia, pemerintah bertanggung jawab atas keberlangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran masyarakat sekaligus proses mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Adapun pengembangan perpustakaan tersebut dilakukan berdasarkan karakteristik fungsi dan tujuan, serta dilakukan sesuai dengan kebutuhan pemustaka dan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta berkesinambungan,” ucapnya.

Diungkapkannya, perpustakaan masa lalu identik dengan tempat membaca dan pinjam buku saja, koleksi bukunya terbatas dan sumber daya manusia (SDM) yang tidak kompeten di dalam menjalankan tugasnya.

Kondisi kata dia, menjadi faktor rendahnya minat baca masyarakat yang pada gilirannya akan memperlambat proses pembangunan di Kabupaten Pamekasan. Oleh karena itu, Raja’e berencana untuk membangun gedung perpustakaan baru guna mendukung peningkatan budaya literasi di wilayahnya.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Harapkan Santri Jaga Pola Hidup Sehat

“Ke depan pemkab akan menyediakan lahan khusus untuk pembangunan gedung perpustakaan yang lebih luas dan representative, serta terintegrasi dengan pelayanan publik lainnya,” tegasnya.

Raja’e berharap semoga rencana itu bisa segera terealisasi. Dirinya juga berharap, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bisa mendukung rencana tersebut, serta bisa membantu memberikan suntikan dana untuk kemajuan literasi di Kabupaten Pamekasan.

“Semoga rencana ini bisa segera terealisasi dan mudah-mudahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia juga bisa memberikan kami suntikan dana, demi kemajuan literasi,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman