oleh

Gorong-gorong Tersumbat, Air Genangi Jalan Pacitan-Ponorogo

MediaJatim.com, Pacitan – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, membuat Jalan Raya Pacitan-Ponorogo terendam banjir, tepatnya di Dusun Krajan, Desa Tegalombo. Akibat banjir itu, sempat membuat arus lalu lintas di lokasi kejadian tersendat.

Terlihat, ketinggian air yang menggenangi jalan raya itu mencapai ketinggian sekitar 30-50 sentimeter. Bahkan, tidak sedikit para pengendara motor tidak berani menerjang genangan air itu dan memilih berhenti untuk menunggu air surut.

Menurut keterangan dari sejumlah warga setempat, kejadian itu bukan hanya sekali saja, tetapi hampir setiap kali turun hujan, dan penyebabnya karena lumpur yang berasal dari belakang Puskesmas Tegalombo yang memenuhi saluran air di depan puskesmas, sehinga air meluber ke jalan raya.

Baca Juga:  Mantan Rektor IAIN Madura Tutup Usia

“Selain lumpur juga ada batu besar di dalam gorong-gorong, sehinga lumpur yang seharusnya terbawa arus air tidak bisa keluar dan menumpuk di dalam gorong-gorong itu,” terang Joko (47), warga setempat, Rabu (11/03/2020) sore.

Ditemui di tempat berbeda, Yayik (50) warga lainnya juga mengatakan hal serupa. Namun demikian, ia meminta agar pihak terkait segera turun tangan untuk mengatasi persoalan tersebut, agar ke depan jika hujan turun tidak ada persoalan serupa. “Iya benar gorong-gorongnya tersumbat lumpur. Saya harap instansi terkait segera bertindak dan memberikan penanganan yang serius agar tidak terjadi banjir lagi di sini,” pintanya.

Baca Juga:  Launching BUMMAS As Salam Desa Bandar Pacitan Diwarnai Bazar

Saat dikonfirmasi, Budi Hari Santoso, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan, UPT Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Jawa Timur, Wilayah Pacitan mengatakan, terkait penanganan banjir yang menggenangi jalan raya di depan Puskesmas Tegalombo itu pada sebelumnya telah dilakukan penanganan, tetapi belum maksimal.

“Bukan sekali saja dilakukan penanganan, tapi setelah ditangani setiap kali hujan turun masih seperti itu. Besok pagi kita (DPU) akan gerak cepat untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat, Pak Camat dan tokoh masyarakat untuk mencari solusi terbaik, agar permasalahan banjir bisa cepat teratasi,” ucapnya singkat, melalui pesan tertulisnya yang diterima MediaJatim.com, Rabu petang.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul