oleh

Bupati Pamekasan Harapkan TMMD Bisa Edukasi Masyarakat

MediaJatim.com, Pamekasan – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menandatangani berita acara program tentara manunggal mebangun desa (TMMD). Dalam kesempatan itu, dirinya mengajak tentara nasional indonesia (TNI) untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memiliki jiwa nasionalisme.

Bertempat  di ruang peringgitan Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan, penandatanganan berita acara TMMD dan penyerahan berkas TMMD, dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan Totok Hartono, rombongan Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya, Komando Resor Militer (Korem) 084 Bhaskara Jaya, dan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Pamekasan. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Pamekasan Baddrut  Tamam mengatakan, kegiatan TMMD ke-107 di Desa Rek Kerek, Kecamatan Palengaan, bisa menjadi menginspirasi masyarakat dalam menghidupkan semangat gotong royong, serta merpekuat hubungan kekeluargaan.

Selain itu, pihaknya berharap, kegiatan TMMD bisa mengedukasi masyarakat, khususnya dalam memahami makna nasionalisme. Dengan demikian, kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bisa semakin kuat.

Baca Juga:  Diduga Kuat Oknum Kades di Situbondo Jadi Timses Bacalon Petahana

“Selain memberikan asas manfaat pada pembangunan fisik, kami berharap kehadian TMMD di desa bisa memberikan inspirasi dan edukasi pada masyarakat,” ungkapnya, Senin (16/3/2020). 

Lebih lanjut Baddrut Tamam berharap, kegiatan yang prakarsai oleh TNI itu, tidak hanya fokus pada kegiatan pembangunan fisik, melainkan juga memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya menguatkan persaudaraan se bangsa dan se tanah air.  

“Karena dengan pembangunan fisik yang bagus ditambah kecintaan kepada  bangsa dan negara, insyaallah Kabupaten Pamekasan pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya, bisa semakin jaya,” tukasnya. 

Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut, kerja sama antara TNI dan Pemkab Pamekasan bisa terus ditingkatkan. Tidak lupa, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim 0826 Pamekasan yang telah bekerja sama untuk mewujudkan program TMMD ke-107 di Bumi Pamelingan.

Baca Juga:  Masyarakat Panik, Tiang Listrik Roboh ke Tengah Jalan

“Mudah-mudahan kerjasama bisa terus dirajut untuk menjadikan kabupaten ini bisa lebih baik, kerjasama yang semakin baik ini mudah-mudahan bisa membantu masyarakat meningkatkan kesadaran kebangsaaan,” harapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pamekasan Totok Hartono, dasar pelaksanaan TMMD pada tahun 2020 yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan tema “TMMD Pengabdian untuk Negeri”.

Dalam program itu, nantinya akan ada enam kegiatan pembangunan fisik, serta sejumlah kegiatan non fisik yang akan dilakukan selama kurang lebih 30 hari oleh TNI di Desa Rek Kerek, Kecamatan Palengaan.

“Ada 6 kegiatan, yaitu pembangunan embung, pembangunan bronjong, plengsengan, gorong-gorong, sumur beton, dan pembangunan 10 unit RTLH dengan jumlah dana Rp1,9 miliar,” tandasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman