oleh

Peduli Kesejahteraan Warganya, Kades Lamongan Situbondo Tanam 200 Ribu Pepaya California

MediaJatim.com, Situbondo – Setiap kepala desa pasti memiliki keinginan besar untuk mensejahterakan warganya, baik di bidang ekonomi mampun lainnya. Seperti halnya Kepala Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Heriyanto.

Kades Hariyanto melakukan penanaman 200 ribu pohon Pepaya jenis California di atas tanah seluas 10 Hektar. Saat ditemui di Kantor Desa Lamongan menuturkan, dana dan tempat yang digunakan untuk penanaman itu adalah milik pribadi. Namun hasilnya nanti akan diberikan kepada warganya agar dikelola sendiri.

“Saya sudah tanam 200.000 Pepaya California di seluas 10 Hektar tanah milik pribadi saya dan memakai uang pribadi saya sendiri. Nanti jika berhasil akan diberikan ke warga agar dikelola per setiap KK,” tuturnya, Senin (23/3/2020).

Baca Juga:  Akibat ODP, Masyarakat Situbondo Minta Keringanan dari Bank Harian

Ke depan, ia berharap hasil panen bisa laku dalam harga yang mahal dan dinas-dinas terkait bisa membantu akses penjualan pepaya warga Lamongan ini.

“Ini sangat bagus, karena nanti setiap KK saya akan kasih 100 pohon. Jadi sudah punya pekerjaan, anggota keluarga lainnya bisa menanam 100 pohon yang dirumahnya agar menambah penghasilan. Saya berharap untuk dinas terkait bisa menampung, menjadi pemasok atau memberi akses penjualan agar lebihmudah dan harganya mahal,” sambungnya.

Program ini diakui Kades Heriyanto juga sudah dimasukkan dalam Musrembang Tahun 2020, untuk dimasukkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lamongan.

Baca Juga:  Bangga, Gagasan Kerukunan Datang Dari Pesantren

“Sudah dimasukkan dalam musrembang tahun ini, akan dijadikan Bumdes. Tapi diawal masih memakai dana pribadi dulu, karena masih percobaan. Semoga saja berhasil dan menjadi seperti yang diharapkan,” pungkas Kades Heriyanto.

Reporter: Imam Bahri

Redaktur: Zul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *