oleh

Pandemi Covid-19, Personel Gabungan Semprot Pesantren dan Ruas Jalan di Pacitan

MediaJatim.com, Pacitan,- Guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, puluhan personel gabungan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat, dengan menggunakan kendaraan water supply dan alat lainnya.

Sebelum melakukan penyemprotan, personel gabungan yang terdiri dari Polres Pacitan, Kodim 0801, Pemerintah Kabupaten Pacitan serta sejumlah relawan, menggelar Apel di Halaman Polres Pacitan, yang kemudian bergegas menuju sejumlah titik yang telah diinstruksikan pada saat Apel.

“Ini secara menyeluruh dilaksanakan di Indonesia. Alhamdulillah di Pacitan juga melaksanakannya hari ini bersama-sama, baik dari TNI-Polri, BPBD, Damkar dan beberapa dari relawan. Ada 5 armada yang digunakan dalam kegiatan ini,” kata AKBP Didik Haryanto, Kapolres Pacitan, Selasa (31/03/2020).

Penyemprotan cairan disinfektan itu, lanjut Didik, disasarkan ke beberapa titik, seperti ke pondok pesantren dan sejumlah ruas jalan yang ada di Pacitan. “Untuk ponpes ada enam titik, kemudian jalan yang kebetulan kemarin dari Kodim Pacitan sudah melakukannya dan kita tindak lanjuti hari ini. Ke depan, kegiatan ini akan terus dilakukan, mudah-mudahan Covid-19 ini tidak ada di Pacitan,” ujarnya.

Baca Juga:  Kembali Tersangkut Kabar Tidak Sedap, Bacabup BK Diduga Pakai Dana Banpol

Selain itu, sebagai upaya atau langkah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pacitan ini, menurut Didik yang perlu diantisipasi utamanya adalah perantau yang berasal dari Ibu Kota. Mengingat, Jakarta saat ini adalah daerah pandemi dari virus Corona.

“Kebetulan Senin (30/3) kemarin kita sudah rapat Video Conference di Pemkab, dan rekan-rekan di Forkopincam sudah jalan. Jadi, mulai dari pendataan di tingkat RT, bahkan sudah ada beberapa warga yang mudik dari Jakarta sudah melaksanakan isolasi diri. Ini yang kita harapkan, sehingga kesadaran dari masyarakat itu timbul dengan sendirinya,” terang Didik.

Baca Juga:  Viral Kapal Baharia 4444, Kadishub: Memancing Tak Langgar Physical Distancing dan Permenhub

Kapolres menambahkan, bagi perantau yang mudik ke Pacitan melalui satuan gugus tugas, telah melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan, seperti di Donorojo dari arah Wonogiri dan Yogyakarta, di Gemaharjo, di perbatasan dari arah Trenggalek serta di perbatasan dari arah Purwantoro.

“Penyekatan itu dilakukan 24 jam dan bukan hanya penyekatan saja, tetapi warga Pacitan yang pulang kita cek kesehatannya, termasuk kendaraan yang masuk Pacitan disemprot disinfektan. Ini meminimalisir kalau memang ada bawaan, dan alhamdulillah sampai saat ini warga kita yang pulang tidak ada yang sakit ataupun keluhan yang lain,” pungkasnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul