oleh

Bupati Pamekasan Harapkan Santri Jaga Pola Hidup Sehat

MediaJatim.com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyiapkan posko khusus untuk menyambut kedatangan santri yang mondok di luar daerah.

Sesampainya di posko, para santri yang langsung disambut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, langsung mendapat respon cepat dari Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19, dengan dilakhkan screening dan pemeriksaan kesehatan.

Kedatangan 265 orang santri dari Pondok Pesatren Sidogiri itu, diberi arahan langsung dalam melakukan aktivitas setelah sampai di rumah masing-masing oleh Bupati Pamekasn Baddrut Tamam.

Didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr. Mohammad Marzuki, serta jajaran Tim Pencegahan Covid-19, Bupati Baddrut Tamam mengingatkan para santri untuk menerapkan dan menjaga pola hidup sehat dan bersih.

“Nanti setelah sampai di rumah masing-masing tidak usah kemana-mana dulu,  biasakan mencuci tangan, dan tidak bersalaman dulu dengan orang tua masing-masing sebelum dalam keadaan bersih, mohon betul jaga jarak sementara, dan pastikan selama 14 hari kedepan anak-anakku tidak usah kemana-mana dulu cukup di rumah saja,” pesannya di hadapan rarusan santri, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga:  Warga Kepulauan Demo Polres Sumenep

Baddrut Tamam menjelaskan, dengan adanya pemeriksaan lebih awal di posko khusus itu, kondisi kesehatan para santri diharapkan dapat dideteksi lebih awal, serta memberikan perlindungan dan edukasi kepada seluruh masyarakat yang baru pulang dari luar daerah, agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami lakukan pemeriksaan ini dalam rangka perlindungan dan edukasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten  Pamekasan,” terangnya.

Tentunya lanjut Baddrut Tamam, langkah yang dilakukan oleh pemerintah harus dibarengi dengan peran serta masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para santri dan masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta menjaga lingkungan dalam keadaan bersih.

Baca Juga:  Pemkab Sumenep akan Ajak Gojek, Mahasiswa Khawatir

“Jika ada batuk, suhu agak panas, segera konsultasi ke dokter. Masyarakat harus ikut mendukung langkah pemerintah, karena pemerintah sadar, puskesmas, rumah sakit terbatas untuk memberikan layanan kesehatan,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni Santri Sidogiri Pamekasan H. Idris Hamid menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja cepat Pemkab Pamekasan dalam melakukan pencegahan Covid-19. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Pamekasan  Baddrut Tamam yang telah menyumbangkan gajinya khusus untuk biaya operasional.

“Terima kasih kami ucapkan karena telah memberikan pelayanan memuaskan kepada kami, mulai dari kami koordinasi dari awal, semoga kita semua bisa selamat dari virus corona,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman