oleh

Pemerintah Kelurahan Ardirejo Lakukan Penyemprotan Massal Halau Covid-19

Mediajatim.com, Situbondo – Dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, lakukan penyemprotan disinfektan, Jumat (3/4/2020).

Kegiatan pencegahan virus yang pertama kali mewabah di Wuhan China ini dilakukan serentak di 17 RT dan 5 Dusun di Kelurahan Ardirejo. Ada 3.870 rumah yang disemprot cairan disinfektan.

Penyemprotan yang dimulai jam 08.00 WIB ini juga melakukan penyemprotan di Kantor Kelurahan, Masjid dan Musholla. Total ada 50 relawan yang diterjunkan yang disebar ke beberapa titik untuk membantu warga melakukan penyemprotan.

Lurah Ardirejo Rocky Syahbana mengatakan, pihaknya dalam dua bulan ke depan ini sudah mempunyai program tersendiri untuk pencegahan virus Covid-19 khususnya di Kelurahan Ardirejo.

“Kami sudah punya program tersendiri dalam menangani wabah Corona ini,” katanya.

Baca Juga:  Mas Vian: Teladan Lebih Berharga Ketimbang Kata-kata

Masyarakat dan komunitas-komunitas pemuda yang ada di Kelurahan Ardirejo tampak giat melakukan pencegahan Corona. Mereka kompak melaksanakan instruksi dari Bupati Situbondo H Dadang wigiarto, yang tertulang dalam Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanganan Covid-19.

“Warga sangat antusias, salah satunya menyumbang 12 alat penyemprot baru, kalau di nominalkan sekitar sepuluh jutaan. Mereka juga menyumbang obat disinfektan dari serbuk kimia dan herbal masing-masing 50 bungkus. Obat yang herbal itu dibuat sendiri dari hasil campuran asap batok kelapa dengan rempah-rempah. Itu aman untuk digunakan dan bahkan bisa juga diminum buat jamu,” paparnya.

Pada kegiatan penyemprotan massal ini, Lurah Rocky juga melakukan edukasi penanganan dan pecegahan Corona agar masyarakat tidak gampang panik namun tetap waspada.

Baca Juga:  Cara NU Bluto Cegah Penyebaran Covid-19

“Sangat penting bagi kita semua termasuk warga Ardirejo menjaga keselamatan agar tidak gampang tertular Corona,” tukas Luruh Rocky.

Penyemprotan massal dan pembuat obat herbal yang bisa mencegah penularan Corona itu mendapat apresiasi dari pemerintah daerah. Wakil Bupati Situbondo H Yoyok Mulyadi mendatangi langsung pembuat obat herbal disinfektan itu.

“Saya datangi langsung, namanya Mas Eksan yang memang membuat formula disinfektan secara herbal yang bahannnya diambil dari toga-toga di sekitarnya, kemudian dicampur asap batok kelapa. Silahkan produksi lebih banyak lagi biar bisa digunakan masyarakat di Situbondo,” tegas H Yoyok Mulyadi.

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul

Komentar

1 komentar

Comments are closed.