oleh

PMII di Sumenep Ketuk Pintu Langit Cegah Penyebaran Covid-19

MediaJatim.com, Sumenep – Meski situasi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tetap menjalankan program kerja.

Menurut Ketua PK PMII Guluk-Guluk Moh. Faiq, terpenting kegiatan yang dilaksanakan tidak melanggar imbauan pemerintah atau pihak lainnya terkait pencegahan Covid-19.

“Tentu program kerja yang tidak melabrak prosedur pencegahan CovidÔÇÉ19. Yakni, salah satunya berupa program mengetuk pintu langit,” kata Moh. Faiq, Jumat (3/4).

Program mengetuk pintu langit ini sebagai ikhtiar menghalau Corona yang saat ini menjadi wabah yang sangat meresahkan penduduk dunia.

“Program dikemas dengan khotmil Qur’an. Setiap pengurus diberi tugas menamatkan satu juz bacaan ayat suci al-Qur’an di rumah masing-masing,” sambung Faiq, panggilan akrabnya.

Baca Juga:  Ramadan Ceria Bersama Pelajar NU Galis

Katanya, PK PMII Guluk-Guluk memiliki cara tersendiri dalam menyikapi Covid-19, yakni melakukan gerakan Khotmil Qur’an #dirumahaja. Hal ini tentu selaras dengan imbauan pemerintah ataupun Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom) PMII Guluk-Guluk agar menghindari keramaian dan menunda kegiatan dalam pertemuan yang melibatkan banyak peserta.

“Sebagai warga pergerakan dan tentu rakyat Indonesia harus patuh terhadap aturan pemerintah dalam pencegahan Covid-19, pemerintah telah mengimbau agar menjauhi keramaian serta berdiam diri di rumah,” tegasnya.

Di samping itu, tambahnya, kegiatan ini juga dimaksudkan menguatkan ikatan emosional antar pengurus dan kader lewat kesucian ayat-ayat al-Qur’an.

Baca Juga:  Rumah Zakat Terima ASR The Most Innovative Phylantrophy Institution

“Sekalipun berdiam diri di rumah tentu harus tetap produktif dalam berkegiatan. Meski dilakukan dengan cara yang berbeda yaitu dengan sistem online atau di rumah masing-masing,” lanjut Faiq.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Jumat dengan melibatkan seluruh kader PK PMII Guluk-Guluk Sumenep. Wakil Ketua III Bidang Keagamaan dan Kepesantrenan Moh Farid menuturkan, tujuan kegiatan tersebut sebagai langkah menyikapi mewabahnya Covid-19.

“Usaha dan memanjatkan doa harus seimbang sama-sama dilakukan, agar harapan kita semua terkait bangsa dan rakyat Indonesia segera terbebaskan dari virus tersebut cepat tersampaikan. Amin,” harapnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul