oleh

Musrenbang, Bupati: Reformasi Birokrasi dan IPM Mengalami Peningkatan Kinerja

MediaJatim.com, Pamekasan – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Pamekasan pada Senin, (6/4/2020) dilaksanakan melalui teleconference dengan menggunakan aplikasi zoom. Rapat tersebut terpaksa dilaksanakan melalui teleconference seiring dengan darurat wabah covid-19.

Musyawarah yang dilangsungkan di Ruang Wahana Bina Praja, gedung Pemkab Pamekasan juga ditayangkan secara streaming melalui akun youtube Pemkab Pamekasan sehingga bisa diikuti langsung oleh publik.

Selama medio 2018-2019, terdapat peningkatan prestasi sebagaimana disajikan Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Peningkatan terbesar dari kinerja Pemkab Pamekasan pada medio 2018-2019, adanya penurunan jumlah penduduk miskin. Hal itu, jelas Baddrut juga diimbangi dengan rasio ketimpangan perekonimian warga Pameaksan yang cukup baik pada titik 0,332 persen atau ada peningkatan daripada tahun 2018 dimana rasio ketimpangan perekonomian mencapai 0.364 persen.

Baca Juga:  RBT Prihatin Kondisi PWI Pamekasan

Hal itu, jelas RBT dilihat dari tingkat konsumsi warga Pamekasan yang semakin seimbang antara kota dan desa. “Ini adalah capaian yang positif dan harus diupayakan untuk ditingkatkan,” tegas RBT.

Dari sisi infrastruktur, capaian juga menunjukkan peningkatan dengan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) mencapai 58,76 persen pada tahun 2019, mengalami kenaikan 2,7 persen dari tahun 2018 yang tercatat 56, 02 persen.

“Peningkatan ini tentunya dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas infrastruktur dan laju pertumbuhan penduduk,” ulas Baddrut panggilan masa kecilnya.

Peningkatan capaian juga terlihat dari penilaian reformasi birokrasi Kabupaten Pamekasan. Semula tahun 2018 berada pada angka 55.09 persen, meningkat drastis menjadi 60,06 persen tahun 2019.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Fasilitasi Sertifikasi Pengrajin Batik Tulis

“Terimakasih yang sebesarnya, stake holder, Dr. Fattah Jasin, Ketua DPRD, yang telah mendukung pembangunan daerah serta tatakelola yang baik. Permohonan maaf apabila ada kekurangan. Proses pembangunan, komitmen untuk Pamekasan Rajeh Bajjrah tor Parjughah bisa diwujudkan secara maksimal,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Sulaiman