MSFC DISPLAY WEB

DPMD Situbondo Sebut Proyek Desa Tetap Jalan di Tengah Wabah Covid-19

Media Jatim

Mediajatim.com, Situbondo – Meskipun ada imbauan pemerintah terkait penanganan Covid-19, pekerjaan proyek di beberapa desa di Situbondo tetap berjalan.

Sebelumnya, pekerjaan proyek tersebut mendapat sorotan dari beberapa pihak karena dinilai tidak mengikuti imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing. Salah satunya dari LPK Jatim Situbondo.

“Terkait masalah itu saya belum paham, saya sendiri belum mengklarifikasi langsung kepada Kepala Dinas DPMD Kabupaten Situbondo,” ujar Ketum LPK Jatim Situbondo Misyono, Selasa (7/4/2020).

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo Lutfi Joko Prihatin menyebutkan, setiap pekerjaan proyek di desa memang diperbolehkan tetap berjalan.

Baca Juga:  Jangan Biarkan Bupati Sendirian Hadapi Ancaman Corona

“Setiap padat karya tunai desa dapat terus berjalan,” kata Kadis Lutfi, sapaan akrabnya, saat dikonfirmasi Media Jatim, Selasa (7/6/2020).

Lebih lanjut ia menerangkan, meskipun adanya Imbauan Pemerintah dan Maklumat Kapolri, sudah dijelaskan dalam standar operasional prosedur (SOP) bahwa tidak boleh adanya larangan yang bisa memutus orang yang mencari rezeki. Namun, yang terpenting tetap pada kewajiban menerapkan physical distancing, cuci tangan dan memakai masker.

“Dalam SOP itu dilarang memutus pencarian penghasilan, jadi intinya seperti proyek desa tetap boleh berjalan,” paparnya.

Kadis Lutfi juga meminta pemerintah desa dalam melakukan pekerjaan tetap harus sesuai aturan, terutama pemasangan papan anggaran.

Baca Juga:  The Jakarta Institute Bantah Tudingan Mendagri Menghambat Pembangunan Papua

“Semua kepala desa senantiasa keterbukaan publik tetap dilakukan, sehingga kontroling dari masyarakat terhadap kegiatan desa tetap berjalan juga,” pungkasnya.

Banner Iklan Media Jatim

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul