ODP Sraten Akan Pakai Gelang Kuning

  • Bagikan

Mediajatim.com, Banyuwangi – Giat pencegahan sebaran Covid-19 di Desa Sraten, Kecamatan Cluring sudah dilakukan, mulai dari penyemprotan disenfektan, sosialisasi kebersihan diri dan lingkungan, kini pemerintah desa setempat menyediakan ruang bagi ODP (Orang Dalam Pantauan) yang secara sukarela memeriksakan dirinya ke ruang tersebut.

Kepala Desa Sraten H. Arif Rahman Mulyadi menjelaskan, fasilitas kamar di lantai 2 yang berada di kantor pemerintahan desa ini terdapat 3 kamar. Dua kamar dilengkapi tempat tidur dan alat kesehatan. 1 kamar untuk pria dan 1 kamar untuk wanita, sedangkan 1 kamar lagi digunakan sebagai tempat ibadah.

Untuk pemeriksaan medis, pihak desa melibatkan pihak Puskesdes (Puskesmas Desa) dan bidan desa setempat. Pihak medis nantinya juga akan diberikan APD (Alat Pelindung Diri) dan mobil siaga desa untuk menjalankan tugas mulia tersebut.

Baca Juga:  Dinas Kehutanan Jawa Timur Gelar Pelatihan Pembibitan Tanaman Hutan

Pihaknya menamai tempat ini sebagai “Rumah Singgah” untuk warga yang baru datang dari wilayah zona merah dan luar negri yang secara sukarela datang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Bagi warga yang bersetatus ODP juga akan disarankan untuk memakai gelang warna kuning yang disediakan oleh pihak desa. Gelang tersebut sebagai antisipasi warga dari sebaran Covid-19.

“Untuk warga ODP yang tidak berkenan singgah di sini, nanti akan juga mengenakan gelang warna kuning. Gelang ini hanya dikenakan selama 14 hari, setelah dilakukan pemeriksaan dilepas,” jelas Kades Sraten, yang juga sebagai Wakil Tanfiddziyah Nahdlatul Ulama Cabang Kabupaten Banyuwangi tersebut.

Baca Juga:  Pemkab Pamekasan Beri Beasiswa untuk 20 Mahasiswa Jurusan Kedokteran Unair

Rumah singgah dan gelang ini direalisasi desa lantaran pihaknya banyak mendapat telfon dari warganya yang berada di zona merah. Dari aspirasi tersebut, Rumah Singgah ini disediakan pihak desa.

“Mereka rata – rata menanyakan bagaimana setelah sepulang dari zona merah. Dan mereka sangat antusias untuk dilakukan pemeriksaan. Rumah singgah ini untuk warga yang suka rela memeriksakan kesehatannya sepulang dari wilayah zona merah. Di kantor desa juga disediakan wastafel cuci tangan dan tempat sterilisasi untuk cegah virus tersebut,” tutup Kades Sraten.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat