Satu PDP di Banyuwangi Meninggal Dunia

  • Bagikan

MediaJatim.com, Banyuwangi – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi meninggal dunia, Kamis (9/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi Dr. Widji Lestariono menjelaskan, pasien tersebut masuk PDP karena diketahui baru pulang dari wilayah zona merah. Selain itu, pasien laki – laki usia 66 Tahun ini juga sering opname dan memiliki riwayat penyakit diabetes.

Menurutnya, pasien PDP ini dirawat di RSUD Genteng sejak Tanggal 1 April 2020. Pasien diketahui telah melakukan perjalanan dari Jember dan Lumajang Tanggal 21 sampai 23 Maret 2020.

Baca Juga:  Komitmen Netral, Ponpes Bata-Bata Kawal Pilkada Sejuk

“Pasien datang ada batuk pilek dan sedikit sesak nafas. Pasien PDP masih belum konfrim atau probabel. Masih di swab dan hasilnya belum jadi,” jelasnya.

Terkait proses pemakaman pasien tersebut Dr. Widji Lestariono menegaskan, pihak medis menggunakan prosedur pemulasaraan jenazah sesuai saran kesehatan, termasuk Covid-19.

“Prosesnya sesuai SOP, petugas medis yang bertugas menggunakan APD,” terangnya.

Sebelumnya satu orang pasien positif Covid-19 di Banyuwangi, telah dinyatakan sembuh. Pasien RSUD Blambangan sesuai KTP asal Kecamatan Muncar, sudah dipulangkan.

“Pasien positif sudah membaik dan sembuh,” paparnya.

Baca Juga:  Satu dari Lima Pemerkosa Gadis 15 Tahun di Bangkalan Ditangkap

Pihaknya mengimbau ke seluruh masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah terkait Physical Distancing, selalu memakai masker mulut saat ke luar rumah, mencuci tangan setelah beraktivitas.

“Jaga jarak sekitar 1,5 meter. Pakailah masker untuk mencegah Dropled atau tetesan, percikan air ludah,” pungkas Dr. Widji Lestariono.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat