oleh

Cara Kreatif Warga Ardirejo Isi Waktu di Tengah Pandemi Covid-19

MediaJatim.com, Situbondo – Patuh pada imbauan pemerintah agar di rumah saja guna mencegah penyebaran virus Corona ternyata bukan alasan untuk tidak bisa berkarya dan menghasilkan. Contohnya seperti yang dilakukan ibu-ibu di Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Mereka mampu mensiasati kekosongan aktivitas di tengah pandemi Covid-19 dengan membatik khas Ardirejo dan membuat aneka kerajinan tangan seperti tas, dompet serta aksesoris lainnya dengan menggunakan bahan baku sampah plastik .

Salah satu warga RT 4 RW 3 mengatakan, bersyukur pernah mendapatkan bekal kemampuan membatik dan membuat kerajinan tangan yang didapat dari pelatihan yang dilaksanakan oleh TP PKK Kelurahan Ardirejo. Sehingga di tengah imbauan tidak boleh keluar rumah, ia masih bisa mengisi waktu dengan hal yang positif dan menghasilkan.

Baca Juga:  Pulang Belajar, Gadis 9 Tahun di Kabat Jadi Korban Seksual

“Ini berkat pelatihan yang diadakan TP PKK disini. Kami bisa tahu membatik dan membuat kerajinan tangan menggunakan bahan daur ulang sampah. Ya, sambil lalu mematuhi imbauan pemerintah, kami berkarya,” kata Ibu Yuni, Jumat (10/4/2020).

Ketua TP PKK Kelurahan Ardirejo Any Tristiatuti mengharapkan, kegiatan membatik dan membuat kerajinan tangan ini dapat membantu mengisi kekosongan waktu warga dan syukur-syukur bisa dikembangkan lagi, agar bisa menambah pemasukan sambil menunggu pandemi Covid-19 berakhir.

“Saya yakin ibu-ibu disini dapat menghasilkan produk yang bersaing dan hasilnya tidak diragukan lagi. Kini mereka sudah siap menerima pesanan,” katanya.

Baca Juga:  Sempat Tertutup Longsor, Kini Jalan Pacitan-Ponorogo Sudah Bisa Dilalui

Sementara Lurah Ardirejo Rocky Syahbana tetap mengimbau warganya agar dalam beraktivitas mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, seperti physical distancing dan selalu meggunakan masker.

“Semua itu bagus, asal tetap diingat terapkan physical distancing karena selain mematuhi imbauan pemerintah, juga menjaga keselamatan diri kita dan orang lain,” tukasnya.

Reporter: Irwan Suciono

Redaktur: Zul