oleh

Tetap Motivasi Kader di Tengah Pandemi, HMI IAIN Madura Adakan Lomba Menulis

MediaJatim.com, Pamekasan – Dampak penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Kebijakan pembatasan sosial semakin sering didengung-dengungkan oleh pemerintah. Dilarang keluar rumah jika tidak ada urusan penting, kegiatan yang mengumpulkan banyak masa tidak boleh dilakukan.

Namun, keadaan seperti ini tidak mengurangi ide pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pamekasan Komisariat Tarbiyah IAIN Madura dalam mengasah kemampuan kader-kadernya.

Kali ini, HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Madura mengadakan lomba menulis opini dengan mengusung tema “Dampak Covid-19 Terhadap Lini Sektor Negara Indonesia”.

Lomba menulis opini ini diprakarsai Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Madura.

“Selain untuk mengisi kekosongan akibat libur kuliah sebab Covid-19. Kegiatan ini memiliki tujuan agar semangat kader HMI Tarbiyah tetap berkobar dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai akademisi untuk bisa memenguasai segala aspek keilmuan, tidak ada lain dengan cara membaca dan menulis. Terlebih permasalahan urgen hari ini adalah Covid-19,” ujar Ketua Bidang (Kabid) KPP, Hanafi, Jumat (10/4/2020).

Baca Juga:  Sikap Bijak Kapolsek Kadur Dinginkan Potensi Ricuh Ansor Cup

Dengan adanya karya menulis opini ini, lanjut Hanafi, kader HMI Tarbiyah diharap dapat memberikan sumbangsih gagasan dan implementasinya terhadap publik.

“Tentu harapan saya adalah kader selalu semangat dalam belajar untuk meningkatkan kapasitas intelektualnya,” imbuh Hanafi.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Umum HMI Cabang Pamekasan Komisariat Tarbiyah IAIN Madura Uswatun Hasanah, menurutnya kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi motivasi terhadap kader HMI Komisariat Tarbiyah supaya menulis tentang Covid-19.

“Jadi di sana kita ingin melihat bagaimana kader HMI Tarbiyah itu memberikan respon terhadap adanya covid-19, jadi nanti kita bisa menilai kader HMI Tarbiyah ini bisa memecahkan masalah atau tidak,” kata Uunk sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Pemuda Sumenep Dilatih Padukan Pertanian dan Potensi Kearifan Lokal

Untuk diketahui, juara 1 akan mendapatkan hadiah sertifikat, buku Ilmiah dan kuota internet 8,5 GB, juara ke 2 akan mendapatkan sertifikat, buku ilmiah dan kuota internet 6,5 GB, sedangkan juara ke 3 akan mendapatkan sertifikat, buku ilmiah dan kuota internet 4,5 GB.

Batas waktu pengiriman karya dimulai dari 11-27 April 2020. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 29 April 2020. Peserta merupakan kader HMI Tarbiyah IAIN Madura dan untuk pengiriman karya harus dalam bentuk soft file melalui via WhatsApp (0823-0228-9138) atau melalu email iainmadura.hmitarbiyah@gmail.com.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul