Sempat Tertahan, Jenazah TKI Yunani Asal Banyuwangi Tiba di Rumah Duka

Media Jatim

Mediajatim.com, Banyuwangi – Suparmi (50) TKI yang bekerja di Yunani asal Dusun Sumberkepuh Rt 002 Rw 001 Desa Kedungwungu, Kecamatan Tegaldlimo meninggal dunia. TKI tersebut menghembuskan nafas terakhir Tanggal 1 April 2020, Pukul 22.00 waktu negara setempat.

Menurut Agung Subastian, ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Banyuwangi, sesuai data dari KBRI (Keduataan Besar Republik Indonesia) Athena Greece, TKI yang bekerja di Yunani tersebut meninggal dunia setelah dirawat rumah sakit negara setempat selama 3 minggu, didiagnosa Sepsis, Mesomberkepthorasitis, ARDS, Dental Abscess.

Pemulangan jenazah TKI ini sempat terkendala biaya perawatan medis dan pemulangan jenazah, lantaran awal berangkat ke luar negri yang bersangkutan tak prosedural. Namun, berkat swadaya TKI Banyuwangi dan WNI (Warga Negara Indonesia) yang berada di Yunani jenazah korban bisa dipulangkan ke rumah duka, Rabu (15/4/2020) sekitar Pukul 07.30 WIB, menggunakan mobil ambulan milik UPT (Unit Pelaksana Teknis) BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) wilayah Serang, Jakarta.

Baca Juga:  Mustasyar PWNU Jatim: Jenazah Covid-19 Wajib Dimandikan!

“TKI ini bekerja sudah 13 tahun. Berangkat secara mandiri. Pemulangan jenazah sempat terkendala biaya. Namun alhamdulillah berkat swadaya TKI Yunani, jenazah sudah dipulangkan dan dimakamkan di Banyuwangi,” jelas Agung.

Agung menambahkan, almarhumah sebenarnya akan pulang ke kediamannya pada Bulan Juni 2020, namun almarhumah sakit dan meninggal dunia. Proses pemakaman almarhum, petugas mengenakan APD (Alat Pelindung Diri).

“Almarhumah bersetatus janda, meninggalkan 3 anak,” pungkas Agung.

Terkait pemulangan jenazah TKI ini juga dibenarkan Staff Perlindungan P4TKI (Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga:  Dua Alasan Madura Jamu PSM di SGB

“Jenazah TKI tersebut sudah tiba dan diserahkan ke pihak keluarga didampingi tiga pilar desa setempat,” terang Ahmad Romdoni, staff P4TKI tersebut.

Reporter : Yudi Irawan

Banner Iklan Media Jatim

Redaktur : Sulaiman