oleh

Tantangan Seorang Sales Toyota dalam Wabah Covid-19

MediaJatim.com – Invicta Toyota adalah dealer resmi Toyota di pulau Madura yang ada di Kabupaten Pamekasan. Ia sudah diakui status kedealerannya oleh Toyota Astra Motor (TAM) sejak Jumat, 27 September 2019 yang lalu.

Grafik penjualan sangat signifikan. Mereka mampu mencapai target sesuai ekspektasi dan tentunya tidak lain berkat dukungan dari semua tim yang ada di dalamnya; mulai dari sales hingga after sales.

Arif Budiman selaku sales executive di PT. Liek Satu Invicta berharap, ke depannya selalu memberikan pelayanan yang maksimal baik di penjualan (sales) maupun di sevice (after sales).

Bagi Arif Budiman, tantangan ini sangat berat sekali di mana ruang gerak yang biasanya ia tempuh sekarang dibatasi. Selain itu, banyak leasing yang saat ini stop selling. Akibatnya, untuk pembelian proses kredit menunda seluruh penerimaan order pembiyaan.

Baca Juga:  Persiapan 2 Bulan, Intip Kampung Tangguh Desa Sumberharjo Setelah Diresmikan Polres Pacitan

“Wabah covid-19 ini telah membawa dampak negatif besar terhadap perekonomian Indonesia dan menggangu mata rantai produksi industri, sehingga perputaran bisnis tidak lancar, sementara kewajiban para pengusaha tetap harus berjalan,” ungkapnya.

Kepada pahlawan perusahaan di seluruh Indonesia di mana pun berada, tegasnya, meadaan sekarang sangat menantang, ruang gerak dibatasi dan penjualan menurun.

“Kita sebagai marketing mempunyai kecemasan akan hal ini, kita semua akan khawatir apa yang akan terjadi ke depan. Kita saat ini dihadapkan dengan situasi yang sulit, pandemik ini berpengaruh besar terhadap kita sebagai pemasar,” tegasnya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Situbondo Menurun, Pemkab Akan Perketat Penjagaan

Untuk itu, Arif menekankan agar tetap fokus pada waktu yang kita jalani pada apa yang kita bisa lakukan satu persatu setiap hari, untuk terus mendukung para customer dan team work.

“Tantangan, kerja keras dan komitmen kita terhadap suatu penjualan adalah kunci dari suksesnya seorang pemasar. Jangan pernah lupa bahwa kebersamaan adalah kunci untuk kita bisa melaluinya,” tegas Sales Executive PT. Liek Satu Invicta sejak 2017 yang lalu.

“Kita semua pasti bisa, krisis ini akan berakhir dan kita bisa melaluinya. Tetap semangat, tetap sehat. Berharap pandemi ini akan segera berlalu dan kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan YME,” tukasnya.

Reporter: A6

Redaktur: Zul