Jarang Manggung, Pemkab Pamekasan Perhatikan Seniman

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan–Para seniman dan pelaku seni di Kabupaten Pamekasan mendapatkan bantuan langsung tunai sebagai bagian dari jaring pengaman sosial dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Bantuan berupa beras 15 kilogram, gula 2, minyak goreng 2 kilogram, masker, hand sanitizer dan uang tunai Rp300 ribu tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja’e didampingi Kepala Disparbud Achmad Saifuddin di kantornya, Jalan Purba Pamekasan, (30/4/2020).

Menurut Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, hal itu ia lakukan sebagai bentuk kepedulian kepada kelompok pekerja seni di Kabupaten Pamekasan. Sebab, semenjak adanya wabah Covid-19, para pekerja seni di Kabupaten Pamekasan mengalami kesulitan memperoleh pendapatan.

Baca Juga:  Pengelolaan SGMRP, Bupati Pamekasan Serahkan ke Madura United

Bahkan, ulas Raja’e, bisa dikatakan mereka tidak memiliki pendapatan sama sekali akibat wabah Covid-19.

Sehingga, tambahnya, sebagai langkah konkret, pihaknya bermaksud untuk meringankan beban mereka melalui bantuan BLT

“Ini adalah bentuk kepedulian Pemkab Pamekasan terhadap pelaku seni di Kabupaten Pamekasan, karena sejak Covid-19 ada beberapa kegiatan seni terutama yang bekerja sama dengan pemkab terhenti dan vakum, sehingga mereka tidak memliki pendapatan,” ucapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama kepada masyarakat Pamekasan melalui dinas terkait, yaitu kepada masyarakat terdampak melalui Dinas Sosial dan kepada PKL dan pelaku UMKM melalui Dinas Koperasi dan UMKM.

Baca Juga:  Di Hadapan KPK, Bupati Pamekasan Pastikan Tak Ada Banderol Jabatan

Bahkan menurutnya, yang dilakukan Disparbud kali ini merupakan launching dari rangkaian kegiatan peduli masyarakat terdampak Covid-19.

“Kalau yang berkaitan urusan sosial kemasyarakatan, Dinsos sudah kita persiapkan, akan segera kita berikan juga, Dinas Koperasi juga sudah dipersiapkan untuk pelaku usaha kecil dan PKL sudah kita persiapakan dan pendataan sudah kita lakukan,” pungkasnya.

Reporter: Bahrul Rosi

Redaktur: Zul