oleh

Covid-19 Bunuh Pendapatan dan Timbulkan Tindak Kejahatan

MediaJatim.com, Situbondo – Pandemi Covid-19 virus sangat berdampak bagi masyarakat. Khususnya bagi mereka yang berada di tingkat ekonomi menengah ke bawah. Virus yang pertama kali menyebar di Wuhan, China ini membunuh pendapatan masyarakat dan menimbulkan tindak kejahatan.

Demikian yang diungkap Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Siti Jenar Eko Febrianto saat ditemui di kediamannya, Senin (4/5/2020).

Di Situbondo saja, akibat pandemi Covid-19 ini ribuan pengusaha kecil dan menengah harus kehilangan pendapatan. Dan mirisnya lagi kehadiran virus Corona menimbulkan tindak kejahatan di masyarakat.

Baca Juga:  Dua Wilayah di Pantura Tolak Imunisasi Rubella

“Dampaknya luar biasa, mulai pedagang yang harus kehilangan pendapatan hingga timbulnya kejahatan, orang gelap mata untuk mencari sandang pangan,” jelas Eko Febrianto.

Ketum LSM Siti Jenar berharap bencana kemanusiaan ini segera berakhir, karena disamping menghancurkan ekonomi juga menjadi penyebab beberapa kasus kriminal di negeri ini.

“Semoga saja Covid-19 ini cepat berakhi, selain dampak Ekonomi juga membuat resah masyarakat dengan maraknya aksi pencurian dan pembunuhan dengan modus memenuhi kebutuhan menyambung hidup,” katanya.

Di momentum Ramadhan ini, lanjutnya, keadaan di Situbondo bisa segera membaik, masyarakat bisa lebih berani beraktivitas namun tetap mengikuti anjuran dan imbauan Pemerintah.

Baca Juga:  Tangkis Laut Rusak, Kades Blaban Tuding Kualitas Proyek Jelek

“Semoga di Bulan Ramadhan virus ini berangsur pergi, biar masyarakat lebih berani beraktivitas sehingga perekonomian membaik,” tukasnya.

Reporter: Irwan Suciono

Redaktur: Zul