oleh

Polemik Mobil Siaga Desa di Situbondo Terus Bergulir

MediaJatim.com, Situbondo – Polemik soal Mobil Siaga Desa di Situbondo belum usai. Seperti kita ketahui, sebelumnya saat ingin dimintai keterangan, puluhan Kades di Kecamatan Panji kompak tidak bisa ditemui karena alasan sakit. Sekarang justru berbeda lagi.

Kini para Kepala Desa kompak menyatakan hal terkait dengan pengadaan Mobil Siaga Desa di Situbondo semuanya satu pintu ke Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Situbondo Juharto.

Seperti yang diungkapkan Kepala Desa Balung, Kecamatan Kendit, Sawari. Ia mengatakan terkait pengadaan Mobil Siaga Desa mengikuti imbauan dari Kepala Desa (Kades) Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, selaku Ketua APDESI Situbondo.

“Masalah Mobil Siaga semuanya satu pintu ke Ketua APDESI, semua Kepala Desa mengikuti semua imbauan dari Kepala Desa Banyuputih Bapak H Juharto selaku Ketua APDESI Kabupaten Situbondo,” Ujar Sawari.

Baca Juga:  Tahanan Judi Sabung Ayam di Banyuwangi Tewas

Bahkan Sawari yang akrab disapa Gepeng itu mengakui untuk bulan berikutnya ia akan segera membeli Mobil Siaga Desa untuk desa yang dipimpinnya.

“Kalau masalah prosedur, salah atau tidaknya saya kurang tahu. Intinya jika itu sudah kebijakan dari Ketua Apdesi kita semua Kepala Desa wajib mengikutinya, apalagi itu hal yang positif untuk desa. Terkecuali kalau ada oknum Kepala Desa yang mengambil keuntungan lain, saya tidak tahu itu yang pasti tanggung jawab masing-masing,” jelas Sawari saat ditemui di kantornya.

Ia menambahkan, soal merk mobil yang akan dibeli untuk digunakan sebagai Mobil Siaga Desa itu tidak ditentukan, yakni sesuai keinginan dari masing-masing Kepala Desa.

Baca Juga:  Pengasuh Pesantren Al Huda Luruskan Kabar Oknum Guru Laporkan Muridnya

“Iya kalau merk sesuai keinginan dan pengajuan setiap desa. Ada yang merk-nya APV, juga ada yang Avanza Veloz, yang paling banyak sih merk-nya Wuling,” imbuhnya.

Sementara salah satu tokoh di Desa Kapongan yang enggan disebutkan namanya juga ikut menanggapi soal merk mobil yang kerap digunakan sebagai Mobil Siaga Desa, karena alasan harga terjangkau.

“Yang saya tahu, seperti Desa Pokaan dan Desa Gebangan Kecamatan Kapongan, kalau Pokaan pakai Avanza Veloz lama, kalau yang Gebangan Avanza Veloz yang baru, itu yang saya tahu kalau lainnya saya tidak paham,” ujarnya, (4/5/2020).

Sedangkan Ketua APDESI Kabupaten Situbondo belum bisa dimintai keterangan hingga berita ini diterbitkan.

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul