oleh

DPMD Bangkalan Targetkan Data Penerima BLT-DD Rampung Minggu Ini

MediaJatim.com, Bangkalan – Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang menggunakan Dana Desa (DD) di Kabupaten Bangkalan akan dilaksanakan pada pencairan Dana Desa tahap kedua.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, Ahmad Ahadiat. Menurutnya, pencairan BLT-DD itu tetap setiap bulan akan tetapi dimajukan mulai dari bulan Mei, lalu Juni dan terakhir bulan Juli.

“Jadi untuk bulan April di Kabupaten Bangkalan belum bisa mencairkan karena menunggu pencairan DD tahap kedua,” ujarnya, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya pencairan Dana Desa tahap pertama sudah diserap pada program Pemerintah Desa sehingga pencairan BLT dimajukan selain juga melihat kesiapan dari masing-masing Desa.

Baca Juga:  Kritikan Pedas Presiden Madura United terhadap PSSI

“Saat ini dalam proses pendataan penerima BLT dari masing-masing Desa yang dilakukan oleh tim relawan Covid-19 dan BPD Desa setempat mendata penerima secara teliti dan tepat sasaran,” imbuhnya.

Setelah pendataan itu selesai, menurutnya akan di Musdeskan bersama pihak terkait tingkat Desa dan disahkan oleh Kepala Desa.

“Lalu disetorkan ke Kecamatan untuk disahkan kembali, baru setelah itu dilaporkan kepada kami untuk disampaikan kepada Bupati,” paparnya.

Sejauh ini, Musyawarah Desa (Musdes) di Bangkalan belum sama sekali terlaksana karena masih dalam proses pendataan.

“Tapi informasi yang kami terima dari pendamping Desa sudah ada sebagian Desa yang sudah melaksanakan Musdes. Tapi sampai saat ini belum ada laporan data penerima BLT yang sah dari masing-masing Desa yang kami terima,” jelasnya.

Baca Juga:  Aktivis Eko Febrianto: Mari Dukung Pemerintah dan APH Lawan Corona

Pihaknya juga menyampaikan target pendataan penerima BLT dalam minggu awal bulan Mei sudah selesai. Selain itu, dirinya minta kepada 273 Kepala Desa agar secepatnya menyerahkan data penerima BLT ke Dinas PMD supaya pencairan segera dilaksanakan.

“Kami mengharapkan dan mewanti-wanti di minggu pertama bulan Mei ini kepala Desa sudah menyerahkan data penerima BLT agar supaya secepatnya dilaksanakan tahap pencairan kepada warga yang membutuhkan,” pungkasnya.

Reporter: Wahyudi

Redaktur: Zul