oleh

Bertambah, Tiga Pelaut di Bangkalan Positif Covid-19

MediaJatim.com, Bangkalan – Perkembangan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangkalan perlu menjadi perhatian seluruh masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 dengan dibantu beberapa komunitas dan elemen masyarakat telah bekerja keras dalam upaya memutus mata rantai penularan.

Humas Gugus Covid-19 kembali mengkonfirmasinya tiga orang sekaligus positif pada hari ini, Kamis tanggal 7 Mei 2020. Pasien ke 16, 17 dan 18 masing-masing adalah M (40) asal Desa Lajing Arosbaya, S (35) asal Desa Lajing Arosbaya, dan F (34) asal Desa Tengket Arosbaya. Ketiganya adalah pelaut yang tiba di Bangkalan pada tanggal 9 April 2020, bersama ketiga orang ini, seorang pelaut F sudah lebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19.

Agus Zain selaku Humas Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, atas hasil tracing dari F, ketiganya telah melakukan isolasi mandiri di rumah dan di hari ke-14 sejak tanggal 24 April 2020 dan dilakukan rapied tes dengan hasil reaktif (positif). Keesokan harinya tanggal 25 April 2020 dilakukan pemeriksaan Swab/PCR.

Baca Juga:  Legislator Senayan Asal Bangkalan Salurkan Bantuan 1 Ton Beras Melalui Kepolisian

“Dalam menunggu hasil Swab/PCR pada tanggal 27 April 2020 ketiganya memilih isolasi di Balai Diklat Bangkalan. Hari ini, Kamis 7 Mei 2020 hasil Swab/PCR ketiganya dinyatakan positif, selanjutnya malam ini (Kamis, 7 Mei 2020 Pukul 20.00 WIB) ketiganya dirujuk ke RSUD,” terangnya melalui keterangan tertulis, Kamis malam (7/5/2020).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bangkalan itu berharap, masyarakat di seluruh penjuru wilayah Kabupaten Bangkalan terus mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

“Agar benar-benar mau mentaati segala anjuran dan imbauan yang disampaikan oleh pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19 tingkat Kabupaten maupun Satuan Tugas Covid-19 yang sudah terbentuk di tingkat desa/kelurahan. Sehingga kita bisa menekan angka positif covid-19,” imbuhnya.

Baca Juga:  Jurnalis Internasional, Andreas Harsono: Kebijakan Rektor USU Mengancam Kebebasan Pers

Dengan terkonfirmasinya ketiga pelaut itu, berdasarkan Data Dinas Komunikasi dan Informasi per tanggal 7 Mei 2020, jumlah pasien positif di Kabupaten Bangkalan bertambah menjadi 18 (2 orang sembuh), sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 8 (2 meninggal), orang dalam pengawasan (ODP) 769, Orang Dalam Resiko (ODR) 18.139 dan satu orang meninggal yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Reporter: Wahyudi

Redaktur: Zul