oleh

Harapan Wilayah Barat Situbondo Segera Kondusif

MediaJatim.com, Situbondo – Akhir-akhir ini kondisi di Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo memanas. Hal tersebut menjadi perhatian dari semua kalangan, tak terkecuali Ketua Umum LSM Siti Jenar Eko Febrianto. Ia berharap kondisi Kabupaten Situbondo segera menjadi kondusif khususnya di wilayah barat setelah adanya rentetan peristiwa berdarah.

“Saya Ketum LSM Siti Jenar yang juga putra asli kelahiran Besuki berharap Situbondo segera kondusif, setelah adanya peristiwa perkelahian beruntun dalam beberapa minggu belakangan ini,” kata Eko Febrianto, Kamis Malam, (7/5/2020).

Eko juga mengapresiasi kinerja Kepolisian dari pihak Polres Situbondo serta beberapa pimpinan Pemerintah Desa di Kecamatan Besuki dan Tokoh Masyarakat Besuki.

“Saya sangat apresiatif atas kinerja Kapolres Situbondo dengan adanya tragedi berdarah di Besuki, khususnya Bapak Kapolres AKBP Sugandi yang telah menugaskan 75 persen Anggota Polres Situbondo untuk menjaga kondusifitas Kecamatan Besuki. Tak terkecuali Kepala Desa Demung Aguk Prayugi dan Kepala Desa Pesisir Ahmadi serta Tokoh-tokoh Masyarakat Besuki,” ujarnya.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan, ISP Santuni Janda Lansia

Katanya, kerjasama apik antara pihak Kepolisian bersama masyarakat sudah terjalin baik dibuktikan dengan para pelaku tragedi berdarah bisa menyerah diri langsung ke Mapolres tanpa dilakukan penangkapan sebelumnya. Eko mengungkapkan rasa terharunya ketika melihat orang tua dari pelaku yang menyerahkan anaknya sendiri ke aparat penegak hukum.

“Itu bukan ditangkap, melainkan terduga pelaku inisial A dan Y menyerahkan diri. Bahkan yang membuat hati saya teriris ketika orang tua pelaku menyerahkan kepada APH dengan harapan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penyerahan diri tersebut tidak lepas dari peran aktif mutlak Pemerintah Desa serta Tokoh Masyarakat yang bekerjasama Dengan Mapolres Situbondo serta Anggota Resmob dan Polsek Besuki yang mana membuat Kecamatan Besuki menjadi berangsur kondusif, dan ini tentu harapan kami seluruh warga Besuki,” tukas Eko, sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Mandiri Syariah Situbondo Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Namun hingga saat ini, Polres Situbondo masih tetap menyiagakan hampir semua Kepala Satuan di wilayah barat Besuki. Hal itu akan dilakukan sampai kondisi benar-benar kondusif. Giat Patroli dan Sweeping serta Operasi Lalu Lintas Gabungan juga akan digalakkan untuk wilayah barat Kabupaten Situbondo.

Reporter: Frengky

Redaktur: Zul